get app
inews
Aa Read Next : 12 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Mengalami Kram Menstruasi? Makanan ini Ampuh untuk Menanganinya

Senin, 27 Juni 2022 | 08:32 WIB
header img
Ilustrasi kram menstruasi (foto/pexels)

BATU, inews.id -  Kram menstruasi tidak jarang ada pada wanita yang sedang datang bulan. Untuk menanganinya, umumnya wanita akan memakai botol air panas atau bantal pemanas untuk menurunkan kram menstruasi.

Kram bukan hanya menyakitkan, tetapi juga berkaitan dengan kecapekan dan mengusik kemampuanmu untuk bergerak dan beraktivitas setiap hari.

Eshankan Wahi, Pelatih Advokat dan Nutrisi Kesehatan, menjelaskan bila Anda ingin konsumsi makanan terbaik untuk kram menstruasi, pilih buah dan sayur yang tidak membuat perutmu berasa berat.

"Buah-buahan dan sayur, biji-bijian dan kacang-kacangan dapat menolong kurangi infeksi dan menurunkan kram menstruasi," sebut Wahi, seperti mengutiop dari Liputan6, Senin (27/Juni/2022).

Karena itu, kenali makanan yang lain yang perlu dikonsumsi untuk menangani kram menstruasi.

1. Sayur hijau

Sayur berdaun hijau memiliki kandungan zat besi yang tinggi, yang kurang dari badanmu sepanjang menstruasi karena kehilangan darah.

Sayur seperti bayam dan kangkung seharusnya dimakan saat menstruasi sebab bisa isi kembali cadangan zat besi.

Makanlah banyak salad berdaun hijau, atau suguhkan sebagai pendamping sajian ayam atau ikan untuk tingkatkan nilai gizinya.

2. Brokoli

Brokoli sebagai sayur memiliki serat tinggi yang dapat menolong menurunkan kembung. Ini memiliki kandungan banyak potassium, kalsium, magnesium dan vitamin A, C, B6 dan E. Semua gizi ini dapat menolong menangani kram dan tanda-tanda menstruasi yang lain.

Brokoli, yang tinggi zat besi dan serat, ialah makanan yang sangat baik untuk dimakan sepanjang kram mentruasi.

3. Alpukat

Alpukat dapat menolong menangani kembung, mengidam dan kram otot, yang disebut tanda-tanda PMS yang biasa.

Makanan banyak mengandung lemak tinggi ini memiliki kandungan potasium, mineral yang bertindak selaku diuretik alami, buang kelebihan natrium dan cairan dari mekanisme Anda.

Kalium menolong menahan kram otot dan tingkatkan hati kenyang. Buat smoothie buah dengan alpukat, atau tambah ke telur dadar atau salad.

Atau, potong alpukat jadi dua, tabur sama air jeruk nipis dan kunyit, dan makan dengan sendok.

4. Salmon

Ikan seperti salmon dan tuna sebagai sumber protein tanpa lemak yang bagus karena rendah kalori dan lemaknya berguna untuk badan.

Ikan berkulit gelap umumnya tinggi protein. Salmon tinggi asam lemak Omega-3, yang mengurangi otot dan hilangkan merasa sakit karena kram menstruasi.

Bila Anda tidak menyenangi makanan laut, Anda dapat memperoleh Omega-3 dari alpukat atau kenari.

5. Teh chamomile

Teh chamomile ialah obat yang sangat baik untuk kram mentruasi. Ini mempunyai karakter anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang dapat menolong menurunkan kram menyakitkan yang berkaitan dengan menstruasi.

Satu cangkir teh chamomile bebas cafein hangat dapat menolong badanmu menghasilkan semakin banyak glisin, bahan kimia yang menurunkan kejang otot dan bertindak selaku pelemas saraf.

Itu tadi beberapa makanan yang tepat untuk mengurangi kram menstruasi yang bisa anda coba, semoga bermanfaat.

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut