get app
inews
Aa Read Next : 5 Merk Gamis Terpopuler Memiliki Kualitas Terbaik (2022)

Tidak Sekedar Pakai, Kamu Juga Wajib Tahu Makna di Balik 5 Corak Batik Populer ini

Selasa, 19 Juli 2022 | 07:17 WIB
header img
ilustrasi batik (ist)

BATU, iNews.id - Batik adalah sebuah kain bercorak khas yang dimiliki Indonesia dan merupakan salah satu identitas yang dimiliki oleh negeri ini.

Kita tentu patut berbangga karena batik sudah diakui oleh UNESCO. Batik juga sudah menjadi salah satu pakaian resmi yang bisa dipakai di berbagai macam kegiatan. Karena itulah, ketika kita memakai batik tentu memiliki kebanggan tersendiri.

Sebagaimana kita tahu, batik memiliki corak yang beragam. Dari corak-corak tersebut, ternyata ada makna yang berbeda-beda dan juga arti yang mendalam.

Nah, berikut ini adalah beberapa corak yang cukup terkenal di Indonesia dan ternyata memiliki makna yang penting untuk kita pahami.

1.Batik Parang

Batik Parang adalah salah satu batik yang cukup dikenal di Indonesia. Batik ini cukup dikenal di Pulau Jawa. Batik parang diambil dari kata ‘pereng’ yang berarti lembah atau lereng.

Batik yang dinilai menjadi motif paling tua ini mempunyai makna yang tidak pernah menyerah, seperti ombak yang tidak pernah surut. Selain itu, batik parang juga menggambarkan sebuah pertalian yang tidak pernah usai.

Banyak juga yang menganggap jika batik ini memiliki arti tentang perjuangan untuk kesejahteraan. Jadi, buat kamu yang suka pakai batik motif ini, ada baiknya juga menanamkan nilai dan makna parang yang pantang menyerah.

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut