Logo Network
Network

Biar Makin Berprestasi, 3 Hal ini Perlu Kamu Lakukan Sebagai Mahasiswa Baru

Dean Ismail
.
Selasa, 26 Juli 2022 | 17:18 WIB
Biar Makin Berprestasi, 3 Hal ini Perlu Kamu Lakukan Sebagai Mahasiswa Baru
Calon Mahasiswa Baru Uniku. (Foto: Tatang Ashari)

BATU, iNews.id - Calon mahasiswa baru dan mahasiswa baru yang sudah diterima melalui jalur undangan harus siap dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Ospek sepertinya menjadi momok awal untuk mahasiswa baru ketika memasuki dunia kampus. Namun hal ini sangat berpengaruh kepada prestasi dan rencana studi kalian selanjutnya.

Seperti halnya mendapatkan prestasi lain, untuk bisa menjadi mahasiswa berprestasi di kampus kalian harus memiliki komitmen yang tinggi.

Akan tetapi, jika kalian pikir prestasi di kampus hanya didapat melalui ruang kelas, mungkin kalian sedikit salah.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kalian ikuti dan kerjakan sebagai media pendukung untuk menjadi seorang yang berprestasi di kampus.

1. Karya Tulis Ilmiah

Barangkali ada yang telah mengenal karya tulis ilmiah waktu SMA melalui karya tulis ilmiah remaja. Barangkali ada yang belum tahu sama sekali mengenai karya tulis ilmiah.

Jika di masa SMA ada Karya Tulis Ilmiah Remaja (KIR) maka diperkuliahan ada namanya Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Dari segi kepenulisan tidak ada yang berbeda dalam kompetisi ini, namun dilihat dari bidang yang dilombakan, PKM lebih banyak daripada KIR.

PKM memiliki 6 bidang yang dapat dipilih mahasiswa, yakni Karsa Cipta (PKM-KC), Pengabdian Masyarakat (PKM-M), Kewirausahaan (PKM-K), Penelitian (PKM-P), Penerapan Teknologi (PKM-T), dan Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Semua karya tulis ilmiah tersebut akan bermuara pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Namun, tidak semua karya tulis ilmiah bisa masuk dalam PIMNAS, karena adanya seleksi ketat dari pihak panitia yakni Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat.

Selain itu, ada satu bidang PKM yang tidak diikutsertakan ke PIMNAS, yakni Artikel Ilmiah (PKM-AI). Hasil dari PKM-AI akan bermuara pada e-journal.

Mengapa hal ini menjadi penting untuk kalian supaya mendapat prestasi. Perlu kalian ketahui, pemilihan mahasiswa berprestasi baik di tingkat fakultas, kampus, maupun nasional adalah dengan menilai banyaknya karya tulis ilmiah kalian yang diterbitkan dan mendapat penghargaan.

Mengapa karya tulis menjadi acuan? Karena karya tulis merupakan ide murni dari seorang mahasiswa dengan bantuan pengembangan ide dari dosen pembimbing.

Ide ini merupakan hasil kreativitas mahasiswa yang dilatarbelakangi oleh permasalahan di masyarakat dan teori yang didapat pada perkuliahan.

Butuh usaha dan kreativitas untuk mengelaborasikan teori yang didapatkan untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada.

Oleh karena itu, aspek kretivitas dalam mencari solusi inilah yang dipandang oleh kampus dalam menentukan mahasiswa berprestasi.

Jadi silahkan teman-teman mempersiapkan diri untuk mempelajari teknik-teknik membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar.

Follow Berita iNews Batu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini