get app
inews
Aa Read Next : 15 Universitas Terbaik Se-Indonesia Dengan Jurusan Ilmu Komunikasi,  Wajib Simak Hal Ini!

Biar Makin Berprestasi, 3 Hal ini Perlu Kamu Lakukan Sebagai Mahasiswa Baru

Selasa, 26 Juli 2022 | 17:18 WIB
header img
Calon Mahasiswa Baru Uniku. (Foto: Tatang Ashari)

2. Organisasi

Hal yang kedua adalah organisasi. Baik organisasi internal kampus maupun eksternal kampus. Organisasi dapat menjadi media pendukung kalian untuk berprestasi.

Organisasi menyediakan materi-materi yang tidak bisa kalian dapatkan dalam perkuliahan. Contoh materi yang didapatkan adalah public speaking.

Public speaking menjadi soft skill yang penting dalam meraih prestasi dan organisasi menyediakan itu. Public speaking menjadi penting karena ini adalah alat kalian untuk menyampaikan ide brilian yang kalian punya.

Jika public speaking kalian berantakan, bisa jadi ide kalian tidak akan tersampaikan semulus yang kalian rencanakan.

Selain materi tersebut yang didapatkan, organisasi juga menyediakan tempat-tempat diskusi. Diskusi-diskusi kecil inilah yang akan menambah logika berfikir dan cara menjawab kalian terhadap suatu permasalahan, sehingga membuat kalian lebih kritis terhadap permasalahan.

Selain itu, diskusi-diskusi kecil ini melatih kalian dalam menjawab permasalahan dan itu akan berpengaruh ketika kalian melakukan presentasi karya tulis ilmiah. Namun sekali lagi, untuk mewujudkan karya tulis dan mengikuti organisasi kalian harus memiliki semangat dan komitmen yang tinggi.

3. Akademik

Yang terakhir adalah akademik. Kenapa akademik berada di akhir? Karena menurut penulis akademik hanya memberikan teori sebagai latar belakang dalam mencari solusi.

Akademik berada di akhir bukan berarti tidak penting, justru karena akademik lah kalian dapat mencari dan menawarkan solusi terhadap permasalahan yang ada.

Akan tetapi, seringkali, prosentase dari penggunaan ilmu akademik memang lebih kecil daripada organisasi dan karya tulis ilmiah.

Ketiga hal tersebut wajib kalian jalankan dan kalian raih jika ingin menjadi mahasiswa yang berprestasi. Beberapa tahapan dan permasalahan kuliah pasti kalian hadapi dalam mewujudkan ketiga hal tersebut. Berat? Memang berat. Tapi apakah prestasi memiliki jalan yang ringan untuk ditapaki? Tentu saja tidak.

B.J. Habibie pun pernah mengatakan: “Keberhasilan (prestasi) bukanlah milik orang yang pintar. Keberhasilan adalah kepunyaan mereka yang senantiasa berusaha.”

Semoga artikel ini dapat membantu dan memeberi wawasan kalian mahasiswa baru untuk mendapatkan prestasi, baiK dibidang akademik maupun non-akademik.

Kalau kamu punya ide menarik buat mahasiswa baru agar lebih berprestasi, silakan tulis di kolom komentar ya…

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut