get app
inews
Aa Read Next : Tiga Kampus Favorit di Malang yang Bisa Menjadi Pilihan untuk Lanjut ke Jenjang Perguruan Tinggi

Kuliah Terbengkalai Karena Ikut Organisasi? Ini Tips Membagi Waktu Paling Efektif

Rabu, 27 Juli 2022 | 12:09 WIB
header img
ilustrasi membagi waktu kuliah dan berorganisasi. (sindonews.com)

2. Jangan Sepelekan Jadwal

Waktu adalah uang. Supaya tidak menyesal nanti, karena itu pandai memanfaatkan saat yang dimiliki dengan aktivitas bermanfaat adalah sebuah kewajiban. Buatlah jadwal kegiatan apa yang perlu dikerjakan. Misalkan membuat jadwal harian yang diawali dari bangun tidur sampai tidur kembali di malam hari.

Buatlah agenda aktivitas mingguan dan bulanan. Pastikan tidak ada agenda kuliah dan kegiatan organisasi yang sama-sama bertabrakan. Dengan membuat jadwal, semua kegiatan perkuliahan dan organisasi akan menjadi lebih terarah sehingga tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan pekerjaan yang kurang penting.

3. Mana Yang Lebih Penting

Mahasiswa yang baik adalah mereka yang dapat tentukan prioritas pada setiap kegiatanya. Mulai membuat prioritas tertinggi pada aktivitas perkuliahan seperti mengerjakan tugas dan belajar untuk kuis atau ujian.Lalu fokus setelah itu untuk semua aktivitas organisasi.

Kurangilah fokus pada kegiatan yang tidak begitu penting seperti menonton tv atau habiskan waktu terlalu lama untuk berkumpul dengan teman tanpa tujuan yang jelas.

4. Masih Suka Menunda?

Menunda tugas adalah kebiasaan buruk dan tidak bertanggungjawab dan akan membuat jadwal kegiatan jadi berantakan. Biasakanlah diri untuk mencicil semua sesuatunya sedikit-sedikit setiap hari supaya tugas terasa lebih ringan.

Jangan menumpuk semua tugas diakhir karena akan merasa terburu-buru melakukannya sehingga hasilnya menjadi tidak maksimal. Kunci tidak menunda tugas adalah dengan tentukan deadline. Ini bertujuan agar semua aktivitas menjadi lebih efektif untuk dikerjakan.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut