get app
inews
Aa Read Next : Kisah Aditya, Bocah 13 Tahun di Kediri Rela Tak Sekolah demi Merawat Kedua Orang Tuanya yang Sakit

Merajut Kerukunan Toleransi Antar Umat Beragama Untuk Hidup Berdampingan

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 11:59 WIB
header img
Ilustrasi toleransi umat beragama. (inews.id)

BATU, iNews.id - Toleransi antar sesama sudah tidak asing lagi di negara kita yaitu Indonesia. Sebab, Indonesia memiliki beragam kebudayaan sehingga sikap toleransi sudah wajar di tanah air yang dimana sudah ada sejak zaman dahulu. Apalagi toleransi antar umat beragama sudah melekat di hati masyarakat Indonesia. 

Istilah toleransi bagi umat beragama sangat sederhana yaitu sikap saling menghargai dan menghormati dengan umat yang berbeda keyakinan. Apapun itu agama yang diyakini, sikap toleransi harus diterapkan oleg masyarakat. Selama agama yang diyakini itu telah masuk dalam agama resmi di Indonesia.

Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Desa Tanon, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Di Desa Tanon sikap toleransi antar umat beragama telah ada sejak lama karena di daerah ini terdapat empat macam agama yang berbeda namun  sudah hidup berdampingan dan rukun tanpa membedakan keyakinan masing-masing.

Menurut salah satu tokoh masyarakat sekitar yaitu pak Radi (narasumber) toleransi antar ymat beragama di Desa Tanon sudah melekat pada diri masyarakat sekitar. Karena sudah dari dulu keempat agama tersebut hidup saling berdampingan dan saling menghargai perbedaan satu sama lain. Keempat agama tersebut adalah Islam, Katolik, Kristen, dan Hindu.

Keberagaman di Desa Tanon menjadikan sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan satu sama lain yang semakin tinggi dan sudah tertanam di hati masyarakat. Sikap tersebut tidak hanya dilakukan saat melakukan ibadah saja melainkan seperti kegiatan rutin masyarakat yang dilakukan, bahkan di setiap hari raya dari masing-masing agama. Masyarakat disana ikut serta untuk melakukannya meskipun berbeda keyakinan. 

Seperti adanya kegiatan rutin memperingati 17 Agustus 1945 yaitu hari kemerdekaan Indonesia. Biasanya daerah tersebut mengadakan acara doa bersama seluruh masyarakat desa dari keempat agama yang ada di sekitar Desa Tanon. Doa bersama dilakukan di suatu tempat yaitu tugu kopral kasemo yang berada di sekitar desa Tanon. Doa bersama dilakukan berdasarkan kepercayaan masing-masing yang pastinya setiap orang berbeda agama.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut