get app
inews
Aa Read Next : Menanam Kedelai Dengan Mudah Dan Hasil Melimpah

Ketahui Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Dengan Botol Bekas

Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:40 WIB
header img
Ilustrasi Budidaya Tanaman Hidroponik. (inews.id)

BATU. iNews.id - Sejak pandemi beberapa orang kini mengemari tanaman dan berkebun. Ya, berkebun menjadi pilihan yang asyik untuk menghabiskan waktu selama di rumah.


Akibat terbatasnya lahan yang ada di kota-kota besar, cara menanam dengan menggunakan botol bekas menjadi salag satu yang banyak diminati.

Salah satu cara bercocok tanam yang semakin populer yaitu menanam tanaman hidroponik. Karena diketahui metode ini tidak membutuhkan tanah dan tempat yang luas. Sehingga dapat diterapkan oleh siapa saja walau hanya memiliki pekarangan kecil di rumah.

Disamping itu pengerjaan hidroponik relatif mudah, tidak membutuhkan banyak biaya, tenaga, dan waktu. Bahkan juga dengan perawatan intensif, tanaman dapat tumbuh lebih cepat dan hasil produksi bisa kontinu.

Jika dibudidayakan secara ramah lingkungan, produk hidroponik lebih sehat dan aman dikonsumsi karena bebas dari pestisida berbahaya. Oleh sebab itu tak heran jika menanam tanaman hidroponik menjadi alternatif bercocok tanam yang praktis.

Hidroponik bisa juga dimodifikasi dengan menggunakan botol bekas. Penggunaan botol bekas ini bisa juga menghemat penggunaan plastik dengan mendaur ulangnya menjadi tempat bertanam hidroponik.

Kamu juga dapat menanam beragam jenis sayur, seperti sawi, selada, kangkung, atau cabai. Hasil panen sayur-sayuran itu, nanti dapat kamu konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari loh.

Nah, untuk kamu yang pemula dan ingin langsung mempraktikkannya di rumah, dapat sekali dong!

Berikut cara menanam tanaman hidroponik dari botol bekas untuk pemula, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (28/1).

1. Menyiapkan botol.

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan yaitu menyiapkan beberapa botol bekas. Selanjutnya potong menjadi dua sisi. Tempatkan sisi tutup botol ke sisi bawah botol.

Posisi botol bagian atas nanti akan tampak terbalik seperti corong. Nanti botol sisi atas bisa menjadi tempat media tanam dan botol di bagian bawah menjadi tempat air yang bernutrisi atau berisi zat hara.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut