get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Ide Usaha Makanan yang Bisa Terjual Setiap Harinya, Dijamin Untung

Usaha Budidaya Jamur Tiram di Rumah Dijamin Berhasil, Ikuti Cara Mudah Ini!

Kamis, 25 Agustus 2022 | 14:25 WIB
header img
Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Budidaya jamur tiram termasuk usaha rumahan yang menjanjikan. Ditambah lagi, cara budidaya jamur tiram termasuk sederhana. Pasalnya, budidaya jamur tiram dapat dilakukan di rumah dan tidak memerlukan lahan besar.

Cara budidaya jamur tiram termasuk sederhana. Tidak heran jika banyak orang cari cara untuk memulai budidaya jamur tiram untuk menjadikannya sebagai peluang usaha rumahan yang menjanjikan.

Sama dengan bentuk lebar seperti payung, jamur tiram putih termasuk salah satu jenis jamur yang populer di Indonesia. Ditambah lagi, di balik struktur yang halus dan kenyal, ada banyak manfaat jamur tiram untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, sampai mencegah kanker.

Tidak kalah penting, jamur tiram mempunyai rasa yang lezat dan mudah diolah. Baik menjadi jamur tiram goreng tepung yang crispy, sebagai tumisan, atau campuran sup hangat yang nikmat. Keunggulan tersebut yang membuat banyak orang tertarik budidaya jamur tiram di dalam rumah.

Berikut inu Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah yang menguntungkan:

Pilih bibit jamur tiram

Cara budidaya jamur tiram yang pertama adalah memilih bibit terbaik. Jangan salah pilih, pasalnya pemilihan bibit menentukan tingkat keberhasilan budidaya jamur tiram yang kita lakukan.

Disarankan memilih bibit jamur tiram dari petani jamur terbaik dan berpengalaman. Dengan begitu, kita dapat mendapatkan bibit yang bisa menghasilkan jamur tiram berkualitas baik.

Siapkan tempat penyimpanan

Sesudah mendapatkan bibit, cara budidaya jamur tiram dilanjutkan dengan menyiapkan kumbung; alias tempat penyimpanan jamur. Kumbung berisi banyak rack untuk meletakkan baglog; atau dikenal dengan media tanam jamur.

FYI, kumbung umumnya berupa ruangan yang terbuat dari bambu atau kayu. Dinding kumbung dibuat dari papan, dan atapnya menggunakan genteng. Agar proses budidaya jamur berjalan lancar, disarankan tidak menggunakan atap asbes karena membuat kumbung menjadi panas.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut