get app
inews
Aa Read Next : Inilah 6 Cara Membuat Motor Kinclong dengan Bahan Alami yang Mudah Didapatkan, Dijamin Bersih

Motor Mati saat Mesin Panas Ini Penyebabnya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:27 WIB
header img
Ilustrasi mesin motor (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Saat kondisi motor sudah terpakai lama dan panas, tiba-tiba mesin motor mati begitu saja. Hal ini tentu akan menjadi kendala selama perjalanan.

Ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui mengapa mesin motor mati dalam kondisi panas sehingga Anda akan mudah mengatasinya, jika mengetahui penyebabnya.

Penyebab Motor Mati Ketika Panas

Tentu saja para pengendara akan merasa panik saat mesin motor tiba-tiba mati. Apalagi bagi orang pemula yang tidak mengetahui secara pasti penyebabnya. Bahkan untuk mengatasinya akan merasa bingung.

Lebih parahnya lagi jika lokasi jalan jauh dari bengkel. Untuk itu, Anda perlu mengetahui yang menjadi penyebab motor mati ketika panas.

1. Kekurangan Oli

Salah satu penyebab motor mogok adalah kurangnya oli. Apabila motor sering melakukan perjalanan jauh, maka mesin akan mudah panas. Hal ini menyebabkan oli dapat keluar melewati pori-pori endapan mesin.

Kemudian bila oli mesin kurang, maka akan berakibat pada lemahnya piston ring. Sehingga menyebabkan motor mengeluarkan asap putih pada knalpotnya.

Di samping itu, bisa jadi karena busi terkena oli dan membuat tidak tahan lama. Mesin yang makan oli akan menjadi panas, lalu menimbulkan motor mogok atau mati secara mendadak.

2. CDI Bermasalah

Komponen CDR rawan bermasalah, sehingga jika kondisi motor panas maka berujung pada mesin yang mogok mendadak. Lakukan cek komponen CDI, apakah masih bisa berfungsi apa tidak.

Sementara pada komponen koil mungkin sangat kecil terjadi kerusakan. Karena biasanya koil masih cukup bagus dalam keadaan ini.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut