get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Manfaat Kuning Telur Agar Tubuh Sehat Sepanjang Hari

Kamis, 18 Agustus 2022 | 06:58 WIB
header img
Manfaat Kuning Telur Bagi Tubuh. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Karena kandungan nutrisinya, ada beberapa manfaat kuning telur untuk kesehatan. Meski begitu, kuning telur sering kali dianggap bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi, seharusnya tidak mengonsumsi kuning telur secara berlebihan.

Ada berbagai alasan kenapa tak sedikit orang gemar makan telur, dimulai dari kandungan nutrisinya yang melimpah, harganya yang murah, sampai mudah diolah menjadi aneka hidangan lezat.

Dalam sebutir telur, terdapat 70-75 kalori. Sekitar 15 kalori berasal dari putih telur, dan sisanya atau 55 kalori dari kuning telur. Disamping itu, kuning telur mengandung sekitar 185 miligram kolesterol dan 4,5 miligram lemak. Kolesterol dan lemak berikut yang membuat kuning telur ditakuti oleh banyak orang.

Manfaat Kuning Telur

Walau mengandung kolesterol dan kalori yang cukup tinggi, kuning telur sebetulnya memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat kuning telur ini, di antaranya:

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kuning telur sebagai salah satu sumber alami vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot, dan membantu penyerapan kalsium. Kandungan vitamin D pada kuning telur bisa membantu menjaga kesehatan dan memperkuat tulang dan gigi.

2. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak

Kuning telur sebagai salah satu sumber protein yang bagus. Dalam sebutir telur, protein yang dikandung oleh kuningnya sejumlah 2,5 gram.

Protein sebagai salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, memperkuat daya tahan tubuh, dan menunjang tumbuh kembang yang optimal pada anak.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut