get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Manfaat Ketan Hitam Baik untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 18 Agustus 2022 | 09:23 WIB
header img
Ilustrasi ketan hitam (sindonews.com)

BATU, iNews.id Selain rasanya yang nikmat, ketan hitam ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat ketan hitam untuk kesehatan adalah untuk memelihara daya tahan tubuh.

Beras ketan hitam berwarna hitam saat belum dimasak dan berubah menjadi keunguan setelah dimasak. Warna hitam pada ketan hitam adalah pertanda bahwa bahan pangan ini mengandung banyak antosianin.

Antosianin merupakan pigmen antioksidan, yang juga ditemukan pada terong dan bluberi. Selain mengandung antioksidan, ketan hitam juga mengandung beberapa nutrisi, seperti:

  • Zat besi
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat

Manfaat Ketan Hitam bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beragam manfaat ketan hitam bagi kesehatan:

1. Penunjang daya tahan tubuh

Salah satu manfaat ketan hitam bagi kesehatan adalah untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bahkan, menurut sebuah penelitian, ketan hitam memiliki kemampuan menjaga daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan beras merah.

Kemampuan ketan hitam ini dikaitkan dengan tingginya kadar antosianin di dalamnya. Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, antosianin juga melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut