get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Ide Usaha Makanan yang Bisa Terjual Setiap Harinya, Dijamin Untung

Ingin Bisnis Souvenir? Bigini Cara Memulainya dari Nol Hingga Jadi Sukses 

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 06:14 WIB
header img
Cara Bisnis Souvenir. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Salah satu ide usaha bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan, sekalian dapat menyalurkan hobi membuat pernak-pernik adalah usaha souvenir. Membuat dan menjual souvenir memang mempunyai peluang usaha yang cukup menjanjikan. Terutama jika Anda yang tinggal di kawasan wisata.

Souvenir bukan hanya diidentikkan dengan oleh-oleh saja, tetapi dapat menjadi buah tangan saat ada berbagai acara besar. Umumnya untuk event-event khusus dan spesial seperti pernikahan, sebagai oleh-oleh, dan lain-lain.Lalu, bagaimana beberapa langkah dalam menjalankan usaha ini? Mari kita bahas pada kesempatan kali ini.

Untuk Anda yang menyimpan minat dan ingin menjalankan usaha souvenir, berikut tips yang bisa diaplikasikan, yakni:

1. Tentukan Jenis Produk

Karena souvenir sendiri ada banyak jenis mauun tipe, seharusnya Anda segera menentukan produk yang akan dijual itu. Anda dapat mengawali dengan survei kebutuhan dan minat pasar, selanjutnya cari supplier yang mempunyai produk itu dan cocok untuk dibawa kerjasama.

Atau jika Anda memang mempunyai keahlian khusus untuk membuat sebuah souvenir yang unik, cara usaha itu dapat kita mulai dari sini.

2. Menyiapkan Modal

Cara usaha souvenir selanjutnya yang sebagai persyaratan beberapa usaha yang lain adalah modal. Modal tersebut dapat disamakan dengan anggaran kita atau dapat berdasarkan budget yang ada. Untuk Anda yang mempunyai passion dan ketrampilan di bagian ini, karena itu keahlian itu juga dapat menjadi modal utama.

3. Membuat Perencanaan Usaha

Salah satu bagian penting dari memulai sebuah usaha adalah membuat perencanaan usaha. Berbagai hal dapat kita siapkan sebagai trik sukses memulai usaha. Beberapa poin yang dapat kita siapkan ialah:

- Penjelasan inti atau garis besar usaha
- Membuat analisa pesaing
- Menghitung budgeting
- Perencanaan operasional dan manajerial
- Dan berbagai strategi usaha yang lain.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut