get app
inews
Aa Read Next : 7 Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Hati-Hati, Begini Tips Penggunaan Softlens yang Perlu Diketahui

Sabtu, 03 September 2022 | 18:45 WIB
header img
Tips Penggunaan Softlens. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Stikma membantu penglihatan dengan menggunkan softlens sebaiknya tidak dirusak dengan penggunaan yang salah. Karena ini malah berdampak sebaliknya untuk kesehatan mata.

Selama ini softlens sering dimanfaatkan sebagai alat bantu penglihatan pengganti kacamata, selainnya praktis, pilihan bentuk dan warna sering membuat lensa kontak berperan dalam meningkatkan kebutuhan kecantikan.

Sayangnya popularitas dan peningkatan kebutuhan akan softlens membuat alat ini sering diimbangi dengan ketidaktahuan yang tinggi beberapa pemakai. Dampaknya, tidak hanya iritasi permasalahan kebutaan kerap datang dari kebiasaan ini. Untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan, berikut adalah 5 tips penggunaan softlens yang perlu diketahui :

1. Sesuaikan dengan kondisi mata

Seperti kacamata, produk yang kurang tepat akan membuat pemakaian softlens menjadi kurang nyaman. Karena itu, saat sebelum menggunakan dan berniat ingin membeli, seharusnya Anda berkonsultasi dengan ahli terkait kondisi mata Anda. Terlebih jika Anda mempunyai riwayat mata yang termasuk sensitif untuk menggunakan softlens.

2. Senantiasa jaga kebersihan

Standard kebersihan khususnya bagian tangan, harus dilakukan. Karena pemasangan softlens kerap membuat tangan dan mata saling bersentuhan. Khususnya di saat melepas dan memasangnya. Untuk produk, sediakan air khusus dan rendam softlens. Cara ini bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lensa kontak, sebelum akhirnya akan dipergunakan kembali.

3. Waktu Pemakaian

Karena kontak langsung dengan mata, sebaiknya Anda batasi penggunaan softlens. Atau setidaknya kurang dari 8 jam. Selebihnya kelamaan menggunakan alat ini akan mengganggu kesehatan. Pada sat berenang softlens yang dipakai terlalu lama bisa menyebabkan gangguan mata dengan peningkatan parasit dan virus yang berbahaya untuk mata.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut