get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Kenali 7 Manfaat Wortel Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Tidak Hanya Untuk Mata Loh!

Kamis, 22 September 2022 | 09:31 WIB
header img
Manfaat Wortel. (iNews.id)

BATU, iNews.id - Wortel adalah sayuran yang mudah didapat di Indonesia. Rasanya manis dan dapat diolah menjadi berbagai menu bergizi. Kebanyakan orang tahu manfaat dari wortel untuk kesehatan mata. Padahal, manfaat wortel baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Wortel Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Dilansir dari Medical News Today, berikut manfaat dari wortel untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan mata

Ini sebagai manfaat wortel yang terbanyak diketahui. Wortel rupanya dapat membantu seorang melihat dengan baik pada gelap.

Wortel mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A sebagai nutrisi penting untuk mencegah penyakit xerophtalmia. Xerophtalmia adalah penyakit yang menyebabkan penurunan fungsi mata dan menyebabkan seorang sulit melihat pada kondisi cahaya yang redup.

Disamping itu, wortel mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah degenerasi makula, yaitu penyakit mata yang sering menyerang orang tua.

2. Mencegah kanker


Buah Wortel. (okezone.com)

Wortel kaya akan beragam jenis antioksidan, khususnya lutein dan zeaxanthin yang disebut jenis dari karoten. Zat ini terbukti mampu menurunkan risiko kanker. Bahkan juga beberapa penelitian menunjukkan konsumsi jus wortel mampu memperlambat progres kanker prostat, paru-paru, dan leukemia.

3. Menjaga kesehatan saluran cerna

Wortel kaya akan serat yang sehat untuk saluran pencernaan. Disamping itu, berdasar penelitian tahun 2014, serat bersama antioksidan terbukti sanggup menurunkan risiko terkena kanker usus.

4. Aman untuk pasien diabetes

Wortel mempunyai rasa manis alami yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Indeks glikemik wortel sangat rendah karena wortel rendah kalori, berserat tinggi, dan rendah gula. Indeks itu terbukti aman dan tidak menyebabkan peningkatan gula darah pada pasien diabetes.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut