get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Sesuai Anjuran Dokter

Selasa, 27 Desember 2022 | 17:34 WIB
header img
Cara Menjaga Kesehatan Mata. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Mata adalah organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Dengan organ satu ini, kita semua bisa melihat dunia. Kalau mata mengalami kerusakan, tentu ini merupakan masalah besar lho, Kak.

Akan ada banyak kendala yang akan muncul kalau sampai mata mengalami kerusakan. Tentunya kita semua juga akan kesulitan dalam beraktivitas. Karena itulah kita harus menjaga mata ini dengan baik.

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Sejauh ini, ada tujuh cara menjaga kesehatan mata yang bisa kita lakukan. Cara-caranya juga sangat mudah dan bahkan sebagian diantaranya bisa kita lakukan di rumah. Lantas, apa saja cara-cara yang bisa kita semua lakukan untuk menjaganya? Ikuti penjelasan di bawah ini sampai tuntas:

1. Periksakan Mata Secara Rutin

Cara pertama yang bisa Kakak lakukan adalah memeriksakan mata dengan rutin. Tentunya kakak semua bisa datang ke dokter spesialis mata terdekat di wilayah masing-masing. Konsultasi ini wajib dilakukan setidaknya dua tahun sekali.

Jangan pernah menyepelekannya karena berkonsultasi kepada ahli ini akan menghindarkan kakak dari resiko penyakit berbahaya pada mata. Dokter akan memberikan langkah-langkah spesifik agar mata Kakak semua bisa terhindar dari resiko penyakit tersebut.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Berbagai riset yang dilakukan oleh para ahli membuktikan kalau konsumsi makanan bergizi sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Terlebih lagi untuk makanan atau minuman yang memiliki kandungan vitamin A, E, dan C yang tinggi.

Tidak hanya itu saja, makanan dengan kadar asam lemak omega 3, leuten, zinc dan selenium terbukti ampuh untuk menangkal penyakit degenerasi makula, katarak, serta berbagai penyakit mata akibat penuaan lainnya.

Adapun berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan seperti ini adalah salmon, kacang, jeruk, dan telur.

3. Hindari Menatap Layar Elektronik Terlalu Lama

Cara menjaga kesehatan mata lainnya adalah dengan menghindari penggunaan media elektronik terlalu lama. Contohnya penggunaan smartphone, komputer laptop, televisi, dan lain-lain. Hal ini akan memicu lelah pada mata. Gejalanya adalah nyeri leher, sakit kepala, sakit punggung, dan bahu.

Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk mengalihkan pandangan pada objek dengan jarak lebih dari 6 meter selama beberapa detik. Hal ini mutlak akan menghindarkan ketegangan pada mata. Bisa juga dengan mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut