get app
inews
Aa Read Next : 8 Ide Bisnis Bidang Seni Jadi Ladang Cuan yang Menjanjikan

Tips Usaha Tambak Udang Agar Hasil Panen Melimpah

Minggu, 04 September 2022 | 07:23 WIB
header img
Ilustrasi Kolam udang vaname (okezone.com)

2. Menentukan Jenis Udang yang Akan Dibudidayakan

Menentukan jenis udang apa yang akan dibudidayakan. Disarankan untuk memilih jenis udang yang memiliki nilai jual tinggi sehingga keuntungan yang diperoleh juga maksimal. Beberapa jenis udang yang bisa dipilih yaitu windu, galah, dan vaname.

3. Memilih Lokasi Tambak Udang yang Tepat

Supaya udang bisa dipanen dengan hasil yang memuaskan maka harus memilih lokasi tambak yang tepat. Lokasi tambak yang direkomendasikan yaitu di daerah pantai. Alasannya karena daerah ini mempunyai tanah dengan tekstur liat dan pasir sehingga menjadi mudah didapatkan untuk menahan air.

Air yang bagus untuk budidaya udang yaitu air payau dengan suhu sekitar 26 derajat celcius ke atas. Kolam yang dibuat juga harus dilengkapi dengan saluran air untuk keluar masuk air supaya proses budidaya udang menjadi lebih mudah dilakukan hingga masa panen tiba.

4. Mempersiapkan Kolam Tambak Udang

Konstruksi kolam yang digunakan untuk tambak udang harus memenuhi standar, misalnya memiliki pintu air yang ditambahkan dengan saringan, terdapat penampung atau tanggul air, papan pengarah pintu air dan sebagainya. Pastikan kolam tambak yang dibuat sudah dilengkapi dengan standar tersebut.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut