get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Dapat Menambah Energi, Inilah Manfaat Kelapa Bakar Untuk Kesehatan

Jum'at, 09 September 2022 | 08:43 WIB
header img
Ilustrasi Kelapa Bakar. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Salah satu sumber daya alam yang melimpah dalam bidang pertanian yang dimiliki Indonesia ialah perkebunan kelapa. Kelapa sering dianggap sebagai tumbuhan serba buat karena tanaman kelapa dimanfaatkan dan digunakan dengan baik untuk keperluan pangan atau non pangan. Setiap dari tanaman kelapa bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Kelapa muda menjadi salah satu minuman yang paling banyak diminati warga Indonesia yang notabenya beriklim tropis. Bila umumnya untuk menikmati kelapa muda kamu dapat meminumnya langsung, belakangan beberapa orang mulai tertarik untuk mengonsumsi kelapa muda dengan cara dibakar. Kuliner ini terkenal di daerah Bone. Konon menjadi salah satu kuliner favorit raja Gorontalo.

Kelapa bakar tidak hanya disajikan sendiri, tetapi sering ditambah beberapa bahan campuran yang lain seperti gula aren, jahe, serai, cengkih, kayu manis sampai madu. Kebayang bukan hanya enak dan nikmat tetapi banyak juga membawa manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut informasi mengenai 4 manfaat kelapa bakar untuk kesehatan, cegah dehidrasi dan menyegarkan tubuh:

1. Menambah Energi Tubuh

Manfaat kelapa bakar yang pertama ialah menambah energi tubuh. Beberapa orang yang melakukan aktivitas yang memerlukan tenaga ekstra seperti olahraga, meminum minuman berenergi untuk menambah energi tubuh.

Tetapi perlu kamu ketahui jika minuman berenergi yang diminum terus-menerus akan membahayakan untuk tubuh. Untuk menggantinya, kamu dapat meminum kelapa bakar sebagai minuman penambah energi. Kamu bisa menambahkan madu supaya manfaatnya bertambah dan menambah cita rasa.

2. Cegah Dehidrasi

Manfaat kelapa bakar selanjutnya adalah mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Menjadi rahasia umum jika air kelapa muda banyak memiliki kesamaan dengan cairan yang ada dalam tubuh.

Disamping itu, kelapa muda memiliki kandungan elektrolit yang tinggi yang bisa menggantikan cairan yang hilang pada tubuh kita di saat kita beraktivitas. Kandungan yang lain ada dalam air kelapa muda ialah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah.

Disamping itu, air kelapa muda sangat mudah diserap tubuh. Hal tersebut sebagai alasan manfaat air kelapa muda bisa menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut