get app
inews
Aa Read Next : Cara Menghilangkan Jerawat dan Menurunkan Berat Badan Dengan Kapsul KB

Mencerahkan Kulit Wajah Dengan Menggunakan Air Cucian Beras

Jum'at, 09 September 2022 | 23:22 WIB
header img
Ilustrasi Air beras (okezone.com)

BATU, iNews.id - Tak banyak orang yang mengetahui, bahwa air beras memiliki khasiat yang luar biasa untuk merawat dan meremajakan kulit wajah

Zat oryzanol yang terkandung di dalamnya berperan aktif menangkal paparan sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari.

Selain itu, air beras juga mengandung vitamin, mineral, asam amino, asam ferulat, antioksidan, dan allantoin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut, kulit, dan berguna sebagai zat anti-inflamasi.

Manfaat Air Cucian Beras untuk Kecantikan Wajah

1. Mencerahkan dan Melembutkan Kulit

Tidak perlu khawatir, cara pengaplikasian air cucian beras untuk wajah sangat gampang. Kamu hanya perlu mencelupkan gumpalan kapas ke dalam air beras, lalu oleskan dan lakukan pemijatan pada area kulit wajah secara lembut.

Namun, jangan bilas muka dengan air biasa ya, biarkan cairan tersebut mengering hingga meresap ke seluruh bagian pada wajah. Rutinlah menggunakan perawatan ini setiap hari, agar kulit wajahmu menjadi lebih cerah dan juga terasa kenyal.

2. Mengecilkan Pori-Pori dan Mengencangkan Wajah

Bukan hanya bertidak sebagai pembersih saja, air beras juga dapat digunakan sebagai toner yang diaplikasikan sehabis membersihkan wajah. hal ini dimaksudkan, agar pori-pori wajah yang besar jadi mengecil, serta mengencangkan area kulit muka.

Selain itu, air cucian beras untuk wajah juga bermanfaat dalam mempercepat sel-sel kulit baru, menstimulasi aliran darah, dan membantu meremajakan kulit agar tetap halus dan bersinar.

3. Mengempiskan Jerawat di Muka

Air cucian beras juga bisa dimanfaatkan dalam mengempiskan jerawat di wajah, Kandungan allantoin yang terdapat pada air beras mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit, sehingga membuat kulit wajah berjerawat dan terlihat kusam.

Terlebih, air cucian beras untuk wajah juga berfungsi sebagai astringent yang dapat mengencangkan pori-pori wajah yang besar.

4. Meredakan Radang di Kulit Wajah

Beraktivitas di luar ruangan terkadang membuat kulit wajah kita jadi terbakar dan mudah iritasi. Oleh sebab itu, menggunakan air cucian beras untuk wajah sangat dianjurkan dalam hal ini.

Pasalnya, air beras terbukti ampuh meredakan peradangan pada kulit. Bahkan, sebuah studi dermatologis menyatakan, mandi air beras dua kali sehari selama 15 menit bisa memperbaiki kondisi kulit kita yang rusak, lho.

5. Mengurangi Efek Eksim

Eksim adalah sebuah penyakit kelainan kulit dengan ciri peradangan atau pembengkakan, yang biasanya terlihatan kemerahan dan terasa gatal. Eksim ini kerap terjadi pada anak-anak dan juga bayi.

Menggunakan air cucian beras untuk wajah efektif dalam mengurani efek eksim pada kulit. Caranya cukup mudah, tinggal celukan lap bersih ke dalam air beras dan tepuk lembut pada kulit yang terkena efek eksim. Ulangi gerakan ini selama beberapa menit, lalu keringkan.

6. Menyamarkan Flek Hitam

Sering melakukan aktivitas di luar ruangan membuat tanda-tanda penuaan dini, seperti flek hitam di wajah jadi terlihat jelas. Beberapa orang mungkin akan menutupinya dengan kosmetik yang tebal, padahal air bekas cucian muka untuk wajah juga efektif menyamarkan flek hitam tersebut.

Nutrisi dan protein yang terkandung di dalam air beras terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit manusia. Oleh karenanya, muka akan terlihat lebih cerah jika menggunakan air cucian beras.

7. Mengobati Iritasi Kulit

Iritasi kulit dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya seperti gigitan serangga, alergi kulit, dan sebagainya. Caranya mengobati iritasi kulit dengan air beras sebenarnya sangat sederhana, cukup masukkan air beras ke dalam botol semprotan dan semprotkan ke area wajah.

Namun ingat, tutup matamu ketika menggunakan semprotan air bekas cucian beras untuk wajah, agar air tersebut tidak masuk ke dalam mata.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut