get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

5 Khasiat Buah Tin Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan 

Kamis, 15 September 2022 | 10:32 WIB
header img
Khasiat Buah Tin. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Buah Tin atau buah Ara adalah buah kaya nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh. Ada lima manfaat buah tin yang dapat diperoleh saat mengonsumsinya.

Seperti kurma, keistimewaannya tercantum dalam Al Qur'an. Demikian pula dengan buah ara, yang bahkan juga menjadi surat khusus dalam kitab suci umat Islam ini, yaitu Surat At-Tin.

Keistimewaan kedua buah ini ada pada Al Qur'an. Lantas, bagaimana dengan manfaat buah tin secara ilmiah?

Tidak hanya kurma, yang daat menjadi kudapan sehat, baik ssat dikonsumsi pada hari biasa, atau saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Kudapan sehat, baik saat buka puasa atau sahur, bisa juga diperoleh dari sebutir buah tin atau buah ara.

Buah bernama latin Ficus carica ini, seperti dilansir dari Healthline, mempunyai bentuk yang paling unik, seperti tetesan air mata.

Ukuran buah ara hanya sebesar ibu jari orang dewasa, dan berisi ratusan biji kecil, dan mempunyai kulit buah berwarna ungu atau hijau yang dapat dimakan.

Selainnya kaya nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh badan, buah tin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan organ pada tubuh. Berikut 5 manfaat buah tin yang sangat baik dikonsumsi.

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah tin atau buah ara sudah lama digunakan sebagai obat rumahan atau pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit.

Karena, buah ini mengandung serat yang bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan melembutkan tinja, sehingga mengurangi kekuatan sembelit.

Selain itu, buah tin berfungsi sebagai prebiotik, atau sumber makanan untuk bakteri sehat yang ada di dalam usus Anda.

Berbagai studi dan penelitian mengenai manfaat buah tin untuk mengatasi sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan sudah banyak dipublikasikan.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah ara atau buah tin mempunyai manfaat yang baik pada meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Buah ini bisa meningkatkan tekanan darah dan kadar lemak darah, yang bisa membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah studi menemukan jika ekstrak buah ara bisa menurunkan tekanan darah pada tikus dengan tekanan darah normal, dan tikus dengan dengan tekanan darah tinggi.

Penelitian yang lain pada hewan menunjukkan peningkatan kolesterol total, kolesterol HDL (kolesterol baik) dan trigliserida saat melengkapi konsumsi ekstrak daun ara.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut