Logo Network
Network

5 Tips Menambah Berat Badan Secara Alami, Badan Lebih Ideal 

Dean Ismail
.
Senin, 19 September 2022 | 22:29 WIB
5 Tips Menambah Berat Badan Secara Alami, Badan Lebih Ideal 
Tips Menambah Berat Badan. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Kekurangan berat badan tidak hanya dapat memengaruhi penampilan. Sama seperti dengan kegemukan atau obesitas, mempunyai badan kurus beresiko menimbulkan berbagai penyakit atau permasalahan kesehatan.

Kondisi kekurangan berat badan salah satunya bisa mengganggu fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan resiko infeksi, rentan mengalami osteoporosi dan patah pulang, dan menyebabkan masalah kesuburan.

Dengan begitu, orang yang mempunyai badan kurus sangat dianjurkan untuk mencapai berat badan ideal.

Melansir laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), orang Indonesia bisa dikatakan kurus atau kekurangan berat badan bila mempunyai indeks massa tubuh (IMT) kurang dari 18,4.

Rumus atau langkah menghitung IMT, yaitu berat badan (kg) dibagi dengan hasil perkalian di antara tinggi badan (m) dengan tinggi tubuh (m).

Misalnya saja, Anda mempunyai berat badan 40 kg dan tinggi badan 1,6 m. Anda berarti mempunyai IMT 15,625 atau masuk kategori kekurangan berat badan tingkat berat.

Angka 15,625 sebagai dari hasil 40 dibagi 2,56 (hasil perkalian di antara tinggi badan 1,6 dengan 1,6).

Cara menambah berat badan secara alami

Beberapa orang mungkin berpikiran menambah berat badan ialah perkara yang lebih mudah daripada menurunkan berat badan. Siapa saja tinggal makan banyak sepuasnya dan meninggalkan olahraga.

Tindakan itu memang bisa saja menambah berat badan, tetapi terang kurang sehat.

Untuk menambah berat badan, Anda perlu melakukannya dengan benar. Masalahnya alih-alih mencapai berat badan bagus, Anda malah dapat mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Keadaan ini pasti tidak baik.

Menambah berat badan yang sehat dengan menyeimbangkan massa otot dan lemak subkutan, bukan hanya menambah lemak perut.

Berikut adalah macam cara menambah berat badan dengan sehat:

1. Asup kalori lebih banyak daripada yang dibakar

Melansir Health Line, hal terpenting yang bisa Anda lakukan untuk menambah berat badan ialah makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan badan.

Bila ingin menambah berat badan secara perlahan dan mantap, bidik 300-500 kalori lebih banyak daripada yang Anda bakar tiap hari menurut perhitungan kalkulator kalori.

Bila Anda ingin menambah berat badan dengan cepat, bidik sekitar 700-1.000 kalori lebih banyak daripada yang dibakar dalam satu hari.

Saat ini telah ada beberapa alat atau aplikasi yang dapat membantu Anda menghitung asupan atau pengeluaran kalori.

Tetapi perlu diingat, jika kalkulator kalori hanya memberikan perkiraan. Kebutuhan kalori Anda bisa bervariasi setiap harinya.

Follow Berita iNews Batu di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.