get app
inews
Aa
Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Lakukan 3 Cara Menjaga Organ Pernapasan Agar Tetap Sehat

Selasa, 20 September 2022 | 11:25 WIB
header img
Cara Menjaga Organ Pernapasan. (inews.id)

BATU, iNews.id - Organ pernapasan adalah hal penting yang perlu Anda jaga. Saat terserang penyakit, ada beberapa gangguan yang dapat Anda alami. Oleh karena itu, cara jaga organ pernapasan perlu Anda praktikkan secara teratur.

Sebetulnya, organ pernapasan Anda, seperti paru-paru, mempunyai mekanisme sendiri untuk menghindari infeksi bakteri atau faktor lain penyebab penyakit pernapasan. Tetapi, Anda dapat melakukan banyak hal untuk membantu mekanisme itu agar berjalan lebih maksimal.

Dengan melakukan beberapa kegiatan berikut ini secara teratur, kesehatan paru-paru dan saluran pernapasan lainnya dapat tetap terjaga. Tetapi, jika ada gejala tertentu yang Anda rasakan, jangan ragu untuk segera membicarakannya ke dokter, ya.

Olahraga

Berapa saja usia Anda, olahraga sebagai kegiatan penting yang perlu sering Anda kerjakan. Mengutip dari American Lung Association (lung.org), olahraga bisa jaga paru-paru masih tetap sehat. Tidak itu saja, olahraga bisa juga menjaga kesehatan tubuh lainnya.

Pilih jenis olahraga yang Anda sukai, seperti berenang, jogging, bersepeda, dan lain-lain. Apabila Anda belum terbiasa berolahraga, cobalah untuk melakukannya dengan intensitas rendah. Seiring berjalannya waktu, intensitas dan durasi olahraga tetap Anda lebih.

Berhenti Merokok

Cara menjaga organ pernapasan selanjutnya dengan berhenti merokok. Asap rokok yang Anda hirup dapat mengganggu kesehatan saluran pernapasan dan bagian badan lainnya. Asap rokok bisa mempersempit saluran pernapasan sehingga menimbulkan iritasi.

Saat hal itu terjadi, Anda akan kesulitan untuk bernapas seperti biasa. Bila terus-menerus dibiarkan, asap rokok akan menumpuk di organ pernapasan sehingga memicu pertumbuhan sel kanker. Bila Anda berasa kesulitan untuk menghentikan kebiasaan itu, cobalah untuk meminta saran dokter.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut