get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5 Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan Tetap Maksimal

Rabu, 28 Desember 2022 | 17:43 WIB
header img
Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Percaya atau tidak, cara satu ini adalah hal yang wajib Kakak pahami dengan baik karena manfaatnya sangatlah besar. Seperti kita ketahui, sistem pernapasan ini terdiri atas beberapa organ pembentuk. Ada cara menjaga kesehatan organ pernapasan organ pernapasan.

Organ-organ tersebut mengkonversi oksigen yang diserap tubuh menjadi karbondioksida dan membuangnya kembali ke atmosfer. Siklus ini terus terjadi selama manusia hidup, jadi tidak boleh disepelekan.

Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan dengan Baik

Sudah tentu ada beberapa cara yang bisa Kakak lakukan untuk menjaga organ-organ tersebut tetap sehat. Cara ini wajib untuk Kakak lakukan mulai saat ini juga karena terbukti ampuh untuk menjaga kualitas kesehatan organ respirasi tubuh Kakak. Langsung saja ini dia penjelasannya:

1. Hindari Rokok

Cara pertama yang wajib Kakak lakukan adalah menghindari konsumsi rokok, baik secara aktif maupun pasif. Hal ini disepakati oleh semua praktisi kesehatan organ respirasi termasuk salah satu di antaranya adalah American Lung Association, organisasi nirlaba penyuluhan kesehatan paru-paru.

Rokok adalah pemicu utama terjadinya kanker paru dan PPOK atau Penyakit Paru  Obstruktif Kronik lainnya. Paparan asap rokok yang masuk ke dalam saluran pernapasan baik secara sengaja ataupun tidak sengaja akan mempersempit saluran respirasi. Jika dibiarkan terjadi dalam waktu lama, bisa juga memicu terjadinya bronkitis dan peradangan.

2. Hindari Paparan Polutan

Kandungan zat lain yang tidak kalah wajib untuk Kakak hindari adalah paparan polutan. Ternyata asap rokok bukan satu-satunya zat yang berbahaya terhadap kesehatan organ respirasi Kakak.

Asap kendaraan, pabrik, polusi, dan radon merupakan zat yang tidak kalah berbahaya terhadap kesehatan tubuh Kakak. Jika dibiarkan masuk secara terus menerus, tentu saja hal ini akan sangat berdampak terhadap kesehatan organ respirasi Kakak.

Karenanya pada saat Kakak berada di lokasi tinggi polutan seperti ini wajib untuk mengenakan masker. Buat juga sirkulasi udara yang baik di rumah Kakak untuk menghindari radon.

3. Hindari Infeksi Organ Pernapasan

Cara menjaga kesehatan organ pernapasan lainnya adalah dengan menjauhkan diri dari segala jenis potensi infeksi pada organ itu sendiri. Jika sampai terjadi, infeksi seperti ini bisa memicu terjadinya komplikasi yang sangat serius pada organ respirasi Kakak. Untuk mencegah potensi infeksi ini tentu saja ada beberapa hal yang bisa Kakak lakukan.

Di antaranya adalah senantiasa menjaga kebersihan tangan Kakak dengan mencucinya menggunakan sabun dan air mengalir. Sikat gigi secara rutin, hindari kerumunan, dan lakukan vaksinasi sesuai anjuran dokter.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut