get app
inews
Aa Read Next : 6 Perawatan Rambut Lurus Secara Alami RECOMMENDED (2022)

Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Permanen

Selasa, 20 September 2022 | 21:35 WIB
header img
Kantung Mata Hitam. (inews.id)

BATU, iNews.id - Lingkaran hitam di bawah kelopak mata bawah sering terjadi pada pria dan wanita. Masalahnya, kedatangan kantung mata ini sering membuat penampilan kamu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Namun untungnya, banyak cara menghilangkan kantung mata hitam yang dapat kamu lakukan.

Salah satu penyebab dari kantung mata menghitam ini ialah kelelahan. Lantaran itu, kamu tidak perlu mengkhawatirkannya karena kondisi ini tidak memerlukan perhatian klinis. Perawatan untuk bengkak bervariasi dan kamu dapat melakukannya di rumah.

Cara menghilangkan kantung mata hitam sebetulnya mudah dan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Tetapi, ada beberapa cara sederhana untuk membantu mengatasi kondisi ini. Caranya, antara lain:

Kompres Dingin

Kompres dingin bisa membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang melebar. Ini bisa mengurangi munculnya bengkak dan membantu menghilangkan lingkaran hitam.

Bungkus beberapa es batu dengan lap bersih dan oleskan ke mata. Kamu juga bisa membasahi waslap dengan air dingin dan mengoleskannya ke kulit di bawah mata selama 20 menit untuk efek yang sama. Ulangi proses ini bila kain menjadi hangat atau bila es mencair.

Penuhi Waktu Tidur

Memenuhi waktu tidur dapat membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam di mata. Karena kurang tidur bisa menyebabkan kulit tampak pucat, membuat lingkaran hitam lebih jelas. Cobalah untuk penuhi waktu tidur, tujuh sampai delapan jam sehari.

Tinggikan Kepala Saat Tidur

Kurang tidur bisa berperan dalam menghasilkan kantong gelap di bawah mata, terkadang cara tidur juga. Cobalah untuk tinggikan kepala dengan beberapa bantal untuk mencegah cairan menggenang di bawah mata. Karena kondisi ini dapat membuat terlihat bengkak.

Gunakan Kantong Teh

Menempelkan kantong teh dingin ke mata juga dapat menjadi cara menghilangkan kantung mata hitam. Pasalnya , teh mengandung kafein dan antioksidan yang bisa membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan kurangi retensi cairan di bawah kulit.

Rendam dua kantong teh hitam atau hijau dalam air panas selama lima menit. Biarkan mereka dingin di lemari es selama 15 sampai 20 menit. Setelah dingin, oleskan teh celup ke mata tertutup sepanjang 10 sampai 20 menit. Setelah dilepas, basuh mata dengan air dingin.

Oleskan Kentang yang Diiris Tipis ke Setiap Mata

Kentang mengandung enzim yang disebut Catecholase, yang mengandung sifat pencerah kulit yang membantu mengurangi lingkaran di bawah mata. Kamu dapat mengoleskan minyak ringan, seperti minyak kelapa untuk melakukan pijat mata agar mengalirkan cairan.

Hindari Cahaya Matahari

Paparan sinar matahari yang meningkat bisa menjadi alasan mengapa lingkaran hitam terlihat tidak berkurang, tidak peduli berapa lama kamu istirahat. Ini karena sinar matahari meningkatkan kandungan melanin di kulit, sehingga membuat pigmen terlihat lebih gelap. Karena kulit di sekitar mata lebih tipis daripada bagian tubuh lainnya, dia bisa menjadi tempat pertama yang menunjukkan produksi melanin ekstra.

Oleh karena itu, hindari paparan sinar matahari langsung atau pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut