get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

5 Cara Alami Menghilangkan Suara Serak Bisa Dicoba

Senin, 17 Oktober 2022 | 13:35 WIB
header img
Cara Alami Menghilangkan Suara Serak. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Suara serak biasanya jadi gejala khusus laringitis. Hal itu terjadi saat pita suara Anda mengalami iritasi, infeksi, atau terlalu sering digunakan. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Cara menghilangkan suara serak berikut dapat Anda lakukan untuk mencegah kondisi kesehatan yang semakin parah.

5 Cara Alami Menghilangkan Suara Serak

Bawang Putih

Cara menghilangkan suara serak selanjutnya adalah dengan memakai bawang putih. Bahan alami ini mengandung antibakteri yang berguna untuk meredakan pita suara Anda yang bermasalah. Anda dapat mencampurkan bawang putih ke berbagai hidangan yang Anda konsumsi, seperti salad, pasta, atau lainnya.

Larutan Garam

Healthline (healthline.com) mengatakan jika larutan garam dapat Anda gunakan untuk meredakan suara Anda yang serak. Jenis cairan ini berguna untuk mengurangi iritasi pada pita suara. Cara yang penting Anda lakukan juga cukup mudah.

Pertama, campurkan ¼ sampai ½ sdt garam dalam 8 ons air hangat. Gunakan larutan itu untuk berkumur. Usahakan untuk berkumur sampai menjangkau bagian belakang mulut, ya. Anda dapat mengulangi cara ini sesering mungkin sampai suara Anda kembali normal.

Teh Madu

Bahan alami lain yang direkomendasikan Healthline untuk meredakan suara serak adalah teh madu. Anda dapat memilih jenis teh herbal apa pun yang Anda sukai, seperti teh kamomil.

Selain dapat meredakan iritasi, teh herbal mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Tidak hanya itu, teh herbal mempunyai kemampuan antiinflamasi yang bermanfaat untuk kesehatan pita suara Anda.

Manfaat itu semakin maksimal saat Anda mencampurkan madu. Madu dapat mengurangi lendir sehingga menyembuhkan batuk yang dapat memperparah suara Anda yang serak.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut