Sering Merasa Takut, Terapkan 4 Cara Untuk Mengatasi Fobia 

bayu pratama
.
Jum'at, 23 September 2022 | 09:25 WIB
Mengatasi Fobia. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Hari-harimu terasa tidak nyaman? Ada rasa takut yang disebabkan fobia atau trauma yang dialami? Mengatasi fobia atau ketakutan akan sesuatu pasti bukanlah yang mudah. Perlu usaha dan keberanian yang besar.

Meski demikian, fobia dan rasa takut bukan sesuatu yang tidak dapat dilawan dan dikalahkan. Dilansir dari BBC Science Focus Magazine, berikut 4 cara mengatasi fobia menurut sains:

Cara Mengatasi Fobia

1. Kenali apa yang ditakuti

Langkah pertama dalam mengatasi fobia ialah mengetahui dan mengenali apa yang ditakuti. Fobia pada laba-laba lebih mudah untuk dijelaskan, tetapi agorafobia atau rasa takut akan tempat umum dan ruang terbuka memiliki akar penyebab yang mungkin lebih abstrak.

Mengidentifikasi dengan tepat mengenai apa yang benar-benar ditakuti bisa memberikan petunjuk tentang masalah apa yang perlu ditangani.

2. Pahami apa yang ditakuti

Psikolog klinis umumnya menggunakan terapi sikap kognitif untuk menangani fobia. Ini sebagai pendekatan dua arah yang menangani kecemasan dengan menangani pikiran dan sikap tentang rasa takut dan melawan respons fisik pada hal yang ditakuti.

Salah satu proses yang digunakan dalam cara ini ialah restrukturisasi kognitif. Mulailah dengan memperbaiki "pikiran yang keliru" dengan membicarakan fobia yang dialami dengan orang lain.

3. Ambil tindakan

Setelah mengenali dan memahami apa yang ditakuti, cara selanjutnya adalah mengambil tindakan yang lebih dekat dengan fobia yang dialami. Proses ini dianggap sangat penting untuk kesuksesan tangani fobia karena di tahap inilah seorang akan berhadapan langsung dengan hal yang dia takuti.

Misalnya, bila fobia dengan laba-laba, disarankan untuk kerap melihat seorang yang memegang laba-laba. Saat hal tersebut tidak lagi sulit untuk dilakukan, setelah itu mencoba mendekati laba-laba, meski sedikit demi sedikit.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini