Logo Network
Network

Menakjubkan, Inilah 6 Manfaat Apel Untuk Kesehatan Bikin Penyakit Pergi

Supriyono
.
Jum'at, 23 September 2022 | 12:28 WIB
Menakjubkan, Inilah 6 Manfaat Apel Untuk Kesehatan Bikin Penyakit Pergi
Manfaat Buah Apel. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Kalian tahu nggak kalau apel banyak mengandung manfaat loh! Tidak hanya lezat dan menyegarkan, manfaat apel untuk kesehatan tidak perlu diragukan. Buah yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia ini diketahui mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Peribahasa "an apple a day keeps the doctor away" ternyata bukan hanya sekedar mitos belaka, tetapi fakta yang bisa dibuktikan kebenarannya. Buah apel diketahui rendah kalori dan mengandung bermacam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan kalium.

Tidak hanya itu, buah apel mengandung antioksidan, seperti flavonoid, dan pektin yang bagus untuk kesehatan tubuh dan menahan berbagai penyakit. Anda dapat mengonsumsi buah apel dengan berbagai cara, baik dimakan langsung, dibuat jus, atau dijadikan salad buah.

Macam Manfaat Apel untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi buah apel, di antaranya:

1. Menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan jika mengonsumsi apel 3x satu hari mampu menurunkan berat badan hanya dalam waktu 12 minggu.

Manfaat apel untuk menjaga berat badan ini berasal dari kandungan air dan serat yang tinggi, sehingga bisa berikan efek kenyang lebih lama, mengurangi porsi makan berlebih, dan melancarkan buang air besar (BAB).

2. Menurunkan risiko terkena diabetes

Manfaat apel yang lain adalah atur kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan finonutrien dalam buah apel berfungsi untuk mencegah lonjakan gula darah dengan merangsang beberapa sel pankreas untuk memproduksi insulin, menghambat proses pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana, dan mengurangi penyerapan gula. Makanan yang mengandung indeks glikemik rendah ini mencegah lonjakan gula darah secara drastis.

Antioksidan dalam apel berperan dalam menjaga kesehatan dan menurunkan resiko berlangsungnya komplikasi penyakit jantung pada penderita diabetes.

3. Menjaga kesehatan dan fungsi jantung


Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan. (okezone.com)

Rutin mengonsumsi 1-2 buah apel dalam satu hari diketahui mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Tidak hanya itu, mengonsumsi buah ini bisa juga membantu tubuh untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Mencegah penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri sebagai salah satu manfaat apel. Manfaat ini berasal dari kandungan pektin, fitonutrien, dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.

Follow Berita iNews Batu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini