get app
inews
Aa Read Next : Sekolah Kedinasan Resmi Dibuka, Ada IPDN STAN Dan Lainnya, Berikut Total Formasinya

4 Ide Bisnis di Bidang Perikanan Dengan Untung yang Menggiurkan

Jum'at, 23 September 2022 | 17:32 WIB
header img
Ide Bisnis di Bidang Perikanan. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Indonesia negara yang memiliki potensi nomor satu penghasil komoditas kelautan. Banyak peluang yang dapat diambil untuk membuka usaha seperti ide bisnis di bidang perikanan dengan untung yang menggiurkan. 

Dengan demikian, buka mata untuk melihat kesempatan usaha dibidang perikanan dapat mendatangkan keuntungan yang cukup menjanjikan.  Buat kamu yang ingin mengambil peluang bisnis di bagian perikanan, berikut 5 ide usaha dibidang perikanan.

Ide Usaha di Bidang Perikanan

1. Budidaya Ikan Hias


Ikan Hias. (okezone.com)

Beberapa orang biasanya akan membeli barang-barang sebagai hiasan dirumahnya, atau hanya sebagai pajangan. Salah satu yang dijadikan hiasan dirumah adalah akuarium yang umum diisi dengan ikan hias. Semenjak pandemi Covid-19 permintaan ikan hias semakin meningkat.

Meningkatnya permintaan ikan hias menjadi usaha ikan hias semakin diminati beberapa orang, dan menghasilkan omzet sampai jutaan rupiah per bulan.

Kamu dapat mengambil peluang usaha budidaya ikan hias ini untuk menambah penghasilan, dari modal sampai pasar budidaya ikan hias cukup menjanjikan dan mudah untuk dijalankan. Kamu perlu merawat dan memperhatikan makanan ikan supaya terus terawat sampai ada konsumen yang berminat.

Jika ingin membuat model ikan baru, kamu dapat mengawinkan ikan hias yang ada sampai ada jenis warna ikan hias yang baru.

Ikan hias yang sering dicari konsumen diantaranya ikan cupang, koi, arwana, diskus, manfish, dan ikan hias yang lain. Kamu dapat membudidayakan semua jenis ikan hias itu sebagai pilihan ke konsumen, atau kamu dapat mengawinkan semua tipe ikan itu.

Kamu dapat mempromosikan usaha budidaya ikan hias di marketplace atau media sosial, untuk proses pengelolaan sampai pengiriman pastikan kamu telah menyiapkan alat-alat penunjangnya, seperti pompa air, filter, jaring, dan yang lain.

Saat promosi di media sosial atau marketplace sertakan info tentang jenis ikan, warna, sejarah, harga dan cara pengelolaannya. Buatlah postingan disertai dengan foto dan caption yang menarik calon pembeli.

2. Budidaya Ikan Gurame

Selain dengan ikan nila ide usaha dibidang budidaya ikan bisa juga dengan ikan gurame. Sama dengan ikan nila, gurame sebagai ikan yang dapat diolah sebagai makanan yang lezat. Ikan gurame dapat digoreng, bakar, asam manis, rica-rica, sampai dengan saus mentega.

Cara budidaya ikan gurame juga cukup mudah dan modalnya relatif kecil, dan harga jual ikan gurame cukup tinggi sehingga kamu tak perlu khawatir akan tekor saat membuka usaha ikan gurame. Ada beberapa jenis ikan olahan yang bisa dijadikan ide usaha dibidang perikanan.

Selainnya ikan gurame dan ikan nila kamu bisa juga menggunakan ikan gabus dan ikan bandeng. Empat tipe ikan yang pasarnya sangat luas ini dapat kamu pilih salah satunya atau dapat membudidayakan semua. Tentunya setiap jenis ikan memilliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing untuk dijadikan ide usaha.

3. Budidaya Ikan Nila


Ikan Nila. (sindonews.com)

Ikan nila ialah ikan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Ikan nila dapat diolah menjadi ikan nila bakar, goreng, atau juga bisa ditambahi dengan bumbu asam manis.

Kesempatan usaha budidaya ikan nila cukup menjanjikan. Beberapa orang mencari santapan ikan nila sebagai lauk atau pelengkap santapan mereka.

Cara budidaya ikan nila juga cukup mudah dan murah. Kamu dapat memulai usaha ikan nila dengan memilih lokasi yang cocok untuk membudidayakannya.

Modal untuk membeli bibit, penebaran bibit, pemeliharaan, panen sampai menjual hanya membutuhkan sekitar 7 juta rupiah saja. Pengelolaan dan promosi yang tepat usaha budidaya ikan nila dalam waktu kurang dari 6 bulan dapat balik modal.

Usaha dibidang budidaya ikan nila walau memiliki banyak pesaing, tetapi kebutuhan pasar pada ikan ini cukup besar. Maka dari itu kamu tidak perlu khawatir pada perkembangan usaha yang dijalani.

Yuk segera mulai usaha budidaya ikan nila, semoga menjadi ladang untuk menghasilkan pendapatan hingga puluhan juta rupiah per bulan.

Untuk kamu yang tertarik menjalankan ide usaha ikan nila, simak analisa usaha ikan nila 1000 ekor yang sudah merangkum informasi penting dan tentu saja dapat membantu kamu membudidayakannya.

4. Kudapan Ikan

Ada beberapa jenis ikan di dunia ini yang dapat menjadi peluang usaha, selain membudidayakan ikan olahan dan ikan hias kamu bisa juga membuat kudapan dengan berbahan ikan untuk dijadikan usaha ikan. Misalnya ikan tuna yang dibungkus dengan kulit pangsit.

Di Pacitan pangsit ikan tuna biasa dijadikan sebagai oleh-oleh, kamu dapat memanfaatkan ide usaha dari kudapan berbahan ikan.

Banyak ide usaha kudapan ikan yang dapat kamu jalankan, dari ikan tuna saja kamu bisa membuat dua tipe kudapan, selain pangsit tuna kamu dapat menjual tahu tuna. Resep membuat dapat kamu cari di google, ada beberapa website yang memberikan resep dan cara membuat kudapan dengan berbahan ikan.
 

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut