get app
inews
Aa Read Next : 6 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami Tanpa Obat

Ikuti 5 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Dijamin Ampuh

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 08:31 WIB
header img
Mabuk Perjalanan. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Apa Anda bepergian dengan pesawat, mobil, kereta api, atau perahu? Bila Anda pernah mengalami mabuk perjalanan, tentu itu membuat perjalanan Anda serasa tidak menyenangkan. Begini tips agar tidak mabuk perjalanan dijamin ampuh

Selainnya rasa mual, mabuk perjalanan dapat menyebabkan pusing, tangan berkeringat, gelisah, atau muntah. Lalu, bagaimana cara agar tidak mabuk perjalanan?

Diketahui, tidak ada penjelasan secara detail kenapa mabuk perjalnan hanya dialami oleh beberapa orang, atau hanya mabuk dalam situasi tertentu dan baik saja dalam situasi lainnya. Sebetulnya apa pemicu mabuk perjalanan dan bagaimana cara mengatasinya?

Ketahui pemicu mabuk perjalanan bisa membantu Anda menghindarinya. Misal di dalam mobil atau bis, duduk menghadap ke depan bisa membantu menghindari mabuk.

Atau misal di kereta, Anda dapat duduk di kursi yang menghadap ke depan dan hindari kursi yang menghadap ke belakang. Bila Anda naik, duduklah di dekat sayap pesawat. Di atas kapal, cobalah agar Anda duduk di depan.

Untuk selengkapnya, mari simak berikut beberapa cara agar tidak mabuk perjalanan yang dilansir dari situs Verrywell Health.

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan 

1. Latih Pernapasan Diafragma

Dalam sebuah penelitian menyebutka , beberapa peserta berlatih pernapasan diafragma yang lambat (dengan 6 napas per menit) atau bernapas secara normal saat melihat simulasi realitas virtual kapal di laut yang bergelombang.

Mereka yang berlatih pernapasan diafragma mempunyai variabilitas detak jantung yang lebih besar (tanda aktivitas sistem saraf otonom) dan disampaikan merasakan lebih sedikit mabuk perjalanan dibandingkan mereka yang bernapas normal.

2. Hindari Gerakan Kepala Cepat atau Tiba-tiba

Hindari gerakan kepala yang tiba-tiba atau cepat, khususnya yang melibatkan gerakan memutar. Jika dapat, sandarkan kepala Anda di sandaran kursi atau berbaring dengan mata tertutup.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut