get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Intip, 8 Manfaat Mengonsumsi Buah Strowberry Untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 03 Oktober 2022 | 06:17 WIB
header img
Manfaat Buah Strowberry. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Stroberry adalah buah yang cukup favorit diolah menjadi minuman jus di Indonesia. Ada banyak manfaat mengonsumsi buah stroberry untuk kesehatan tubuh.

Selainnya diolah menjadi minuman, buah ini banyak dipakai sebagai pelengkap makanan seperti dessert. Buah ini sendiri populer dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Kandungan utama buah stroberi ialah air yaitu sebesar 91%, lalu karbohidrat 7,7%, mengandung sedikit lemak 0,3%, dan protein 0,7%. Dalam setiap 100 gram buah stroberi mengandung gula 4,9 gram, serat 2 gram, dan lemak 0,3 gram.

Manfaat Mengonsumsi Buah Strowberry Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini 8 manfaat buah stroberi untuk kesehatan tubuh seperti dilansir dari Healthline:

1. Kaya vitamin dan mineral

Vitamin C ialah kandungan vitamin yang paling dominan pada manfaat buah stroberi. Manfaat stroberi ialah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang diperlukan untuk kekebalan dan kesehatan kulit.

Disamping itu, manfaat stroberi yaitu terkait kandungan vitamin dan mineral yang lain seperti folat, vitamin B, kalium, zat besi, tembaga, magnesium, vitamin B6, vitamin K, dan vitamin E.

2. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung ialah penyebab kematian umum di seluruh dunia. Antosianin dalam manfaat buah stroberi mampu mencegah berbagai penyebab penyakit jantung.

Sebuah penelitian mengungkapkan jika antosianin dapat berpengaruh pada peningkatan kesehatan jantung. Buah ini bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

3. Sumber karbohidrat

Stroberi segar mengandung banyak air, jadi kandungan total karbohidratnya sangat rendah - kurang dari 8 gram karbohidrat per 100 gram. Kandungan karbohidrat bersih yang bisa dicerna kurang dari 6 gram dalam ukuran porsi yang sama.

Sebagian besar karbohidrat buah beri ini berasal dari gula berbentuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa, tapi buah ini mengandung serat dalam jumlah yang cukup.

Stroberi mempunyai skor indeks glikemik (GI) 40, yang relatif rendah. Artinya, stroberi tidak menyebabkan lonjakan besar kadar gula darah dan dianggap aman untuk penderita diabetes.

4. Sumber serat


Buah Stroberry. (okezone.com)

Kandungan serat dalam buah stroberi sekitar 26% dari kandungan karbohidratnya. Satu porsi stroberi dengan berat 100 gram menyediakan 2 gram serat, baik larut atau tidak larut.

Serat menjadi makanan penting untuk memberi makan bakteri baik di usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Disamping itu, manfaat stroberi berguna untuk menurunkan berat badan dan bisa membantu mencegah banyak penyakit.

5. Sumber antioksidan ellagitannis

Manfaat stroberi ialah kaya akan ellagiannis dan asam ellagic. Keduanya sebagai senyawa antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit.

6. Mengontrol gula darah

Saat karbohidrat dicerna, tubuh akan memecahnya menjadi gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa lalu melepaskannya ke aliran darah. Tubuh selanjutnya mulai mengeluarkan insulin, yang memberi tahu sel untuk mengambil gula dari aliran darah dan menggunakannya untuk bahan bakar atau penyimpanan.

Ketidakseimbangan dalam pengaturan gula darah dan diet tinggi gula dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Stroberi tampaknya memperlambat pencernaan glukosa dan mengurangi lonjakan glukosa dan insulin setelah makan makanan yang kaya karbohidrat.

7. Sumber antosianin

Antosianin sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Lebih dari 25 jeis antosianin berbeda sudah ditemukan pada stroberi, salah satu yang terbanyak yaitu pelargonidin.

Antosianin sendiri bertanggung jawab atas warna cerah pada bunga sampai buah naga. Biasanya, antosianin terkonsentrasi di kulit buah. Tetapi pada stroberi, antosianin banyak terdapat pada dagingnya.

8. Pencegahan kanker

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali. Pembentukan dan perkembangan kanker sering dikaitkan dengan peradangan kronis.

Beberapa penelitian menunjukkan jika manfaat stroberi bisa membantu mencegah beberapa jenis kanker melalui kemampuannya melawan stres oksidatif dan peradangan.

Manfaat stroberi pada kanker berasal dari asam ellagic dan ellagitannin, yang sudah terbukti bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut