7 Ide Bisnis Bidang Pertanian Rumahan Bisa Dicoba, Jadi Untung Besar!

bayu pratama
.
Kamis, 06 Oktober 2022 | 15:35 WIB
Ilustrasi Bisnis Bidang Pertanian. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Siapa yang memiliki resolusi untuk menjalankan bisnis di tahun yang baru ini? Jika itu kamu, maka kamu dapat, nih, memasukan usaha pertanian sebagai pilihan bisnismu.

Pasalnya, jenis usaha pertanian berpotensi mempunyai keuntungan yang besar karena produk yang dibuat merupakan salah satunya kebutuhan dasar manusia.

Bisnis pertanian tidak melulu perlu lahan yang luas dengan modal yang besar, kok. Kamu bisa juga memulai usaha pertanian rumahan. Cukup dengan tempat berukuran beberapa meter saja, kamu telah bisa jadi petani kekinian yang berpeluang mendapatkan untung.

Lalu, kira-kira, apa jenis ide usaha pertanian rumahan yang menguntungkan itu? Berikut Popbela beri 7 ide usaha pertanian rumahan dengan modal kecil.

7 Ide Bisnis Bidang Pertanian Rumahan

1. Menjual tanaman rempah

Tentu pada tahu jika Indonesia kaya akan rempah-rempahnya. Kekayaan akan rempah-rempah ini mengundang permintaan pasar luar negeri yang cukup tinggi, nih. Oleh karena itu, kamu juga bisa menjadi pemain di pasar ini.

Ada banyak rempah yang dapat kamu pilih sebagai bahan jualanmu, seperti akar wangi, asam jawa, bawang putih, bawang merah, kapulaga, cabai, hingga cengkih.

2. Menjual bibit tanaman

Pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah di saat pandemi ini membuat hobi baru bermunculan, salah satunya yang paling populer adalah memelihara tanaman.

Nah, melihat situasi itu, menjadi penjual bibit tanaman sebagai salah satu pilihan yang cukup menjanjikan, lho. Kamu dapat menjual bibit sayuran atau bibit buah-buahan.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini