get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Penuh Nutrisi!

Selasa, 11 Oktober 2022 | 19:28 WIB
header img
Manfaat Buah Bengkoang. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Bengkuang sebagai sayuran akar dengan kulit tebal berwarna coklat, dan di bagian dalamnya berwana putih seperti apel. Maka dari itu, kenali manfaat bengkuang untuk kesehatan dan kecantikan

Sayuran ini awalnya tumbuh di Meksiko, kemudian menyebar ke Filipina dan Asia. Bengkuang tumbuh subur di tempat-tampat yang hangat sepanjang tahun.

Dilansir dari Medical News Today, bengkuang mempunyai berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh saat dikonsumsi. Selainnya sebagai sumber serat yang baik, kandungan antioksidan pada bengkuang bisa berperan mencegah penuaan dan kanker.

Lantas, apa manfaat yang didapat saat mengonsumsi bengkuang?

Kandungan nutrisi

Bengkuang sebagai sayur rendah kalori dan gula dan rendah lemak dan protein, namun bengkuang tinggi akan serat. Pada bengkuang, hanya sayur akarnya saja yang dapat dikonsumsi, sedangakan sisa tumbuhan yang lain termasuk kacang dan bungannya mengandung racun rotenone.

Rotenone sebagai insektisida alami yang bersifat racun untuk manusia. Mengonsumsi rotenone jumlah besar bisa meningkatkan seorang terkena parkinson. Selain itu ketiha akan dikonsumsi, kulit coklat bengkuang harus dihilangkan lebih dulu.

Manfaat mengonsumsi bengkuang

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan serat yang besar pada bengkuang bisa membantu kadar kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus dan mencegah hati membuat lebih banyak kolesterol.

Kandungan potasiumnya dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi Anda dari penyakit jantung dan stroke. Disamping itu, bengkuang mengandung zat besi dan tembaga yang bisa meningkatkan sirkulasi pada sel darah merah.

2. Tinggi antioksidan

Dilansir dari Healthline, bengkuang mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah kerusakan pada sel-sel di badan dan dapat menangkal radikal bebas. Antioksidan dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker, diabetes, kardiovaskular dan penurunan kognitif.

3. Menjaga kadar gula darah

Bengkuang mempunyai indeks gilkemik rendah dan tinggi serat, ini membuat bengkuang sebagai makanan yang cocok dikonsumsi saat melakukan diet kesehatan.

Karena faktor di atas, diet dengan menggunakan bengkuang bisa membantu mencegah lonjakan kadar gula darah. Sehingga, bengkuang menjadi salah satu pilihan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Bakteri baik


Buah Bongkoang. (okezone.com)

Bengkuang mengandung inulin tinggi yang merupakan serat prebiotik. Itu sebagai zat yang bisa digunakan bakteri dalam tubuh, sehingga bermanfaat untuk kesehatan.

Pencernaan tidak bisa menyerap prebiotik seperti inulin, tetapi bakteri yang ada di usus bisa memfermentasikannya. Dengan prebiotik, bisa meningkatkan populasi bakteri baik di usus dan mengurangi jumlah bakteri tidak sehat.

Penelitian menunjukkan jika jenis bakteri yang ada di usus bisa mempengaruhi berat badan, sistem kekebalan, dan bahkan suasana hati.

5. Kaya akan serat

Bengkuang sebagai sumber serat yang baik, dalam 130 gram bengkuang mentah mengandung 6,4 gram serat makanan. Mengonsumi makanan berserat bisa mencegah atau mengobati semebelit, sehingga bisa mendorong buang air besar secara teratur dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, dengan mengonsumsi makanan yang berserat bisa menurunkan penyakit selama proses penuaan.

6. Mengurangi risiko kanker

Kandungan antioksidan vitamin C dan E, selenium dan beta karoten bisa menetralkan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker dan kerusakan sel. Kandungan serat pada bengkuang dapat memberi efek perlindungan pada kanker usus besar.

7. Menurunkan berat badan

Selain tinggi serat, bengkuang tinggi akan kandungan air. Kedua kandungan itu bisa membuat Anda kenyang.

Bengkuang mengandung serat prebiotik inulin yang dikaitkan dengan penurunan berat badan dan sudah terbukti memengaruhi hormon yang bisa membuat rasa lapar dan kenyang.

Tidak hanya meningkatkan jenis bakteri usus yang bisa membantu penurun berat badan, bengkuang membuat Anda lebih puas setelah makan. 

Nah itulah manfaat bengkuang untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga berguna dan manfaat!

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut