get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Memulai Usaha Cilok Kaki Lima yang Menguntungkan, Anti Ribet!

Tips Memulai Usaha Cuci Motor, Modal Dikit Untung Melimpah!

Selasa, 18 Oktober 2022 | 19:25 WIB
header img
Tips Memulai Usaha Cuci Motor. (okezone.com)

3. Persiapkan peralatan untuk membersihkan motor


Ilustrasi Cuci Motor. (iNews.id)

Pencucian motor sebaiknya dilakukan dengan bantuan peralatan yang memadai supaya lebih praktis, bersih dan cepat, yaitu dengan mesin cuci motor seperti kompresor dan mesin steam.

Akses air bersih di lokasi usaha juga harus lancar. Ada pula perlengkapan yang lain yang harus disiapkan sejak awal, misalkan spons, cairan pembersih, sikat, kain lap, semir ban, dan lain-lain.

Agar usaha cuci motor kamu lebih profesional dan banyak diminati konsumen, dan jika kamu punya modal lebih, gunakan peralatan yang dapat memberikan efek cuci salju. Kamu bisa juga menyediakan sistem hidrolik agar motor dapat diangkat ke atas untuk dapat membersihkan bagian bawah motor lebih maksimal.

Jika sistem hidrolik terlalu mahal, untuk menyiasatinya, gunakan besi yang dilas dan dibuat bentuk yang memungkinkan agar motor dapat diparkir lebih tinggi, sehingga bagian bawahnya dapat dibersihkan.

4. Merekrut karyawan

Setidaknya kamu memerlukan 2 atau 3 orang karyawan pada awal usaha ini untuk membantu mencucikan motor beberapa pelanggan. Usaha jasa pencucian motor biasanya memperkerjakan karyawan laki-laki, karena pekerjaan yang dilakukan cukup berat.

Sebaiknya cari orang yang ingin dan mampu bekerja keras, teliti, dan dapat bersikap ramah pada pelanggan. Bila belum berpengalaman, mereka perlu belajar menggunakan peralatan dengan baik sehingga dapat mencuci motor dengan cepat dengan hasil yang bersih.

5. Berikan pelayanan yang memuaskan

Untuk suatu bisnis yang bergerak di bidang jasa seperti cuci motor, pelayanan yang baik menjadi modal penting untuk kelangsungan usaha.

Pelayanan yang baik dimulai dari sikap ramah pada pelanggan, misalnya memberikan senyuman dan menyapa, dan yang paling penting ialah memberikan hasil pencucian motor yang memuaskan karena tujuan konsumen gunakan jasa cuci motor ialah supaya kendaraan mereka dapat bersih seluruhnya.

Oleh karenanya, selalu ingatkan karyawan kamu untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Semakin baik pelayanannya, akan membuat pelanggan semakin percaya untuk kembali lagi menggunakan jasa cuci motor kamu.

Nah itulah tips memulai usaha cuci motor modal dikit untung melimpah. Semoga bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut