get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

4 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan, Wajib Tahu!

Minggu, 23 Oktober 2022 | 14:29 WIB
header img
Manfaat Buah Kelengkeng. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Di balik rasanya yang manis, ada bermacam manfaat buah kelengkeng yang sayang untuk dilewatkan. Beraneka kandungan nutrisi di dalamnya diketahui bisa memperkuat daya tahan tubuh sampai meredakan peradangan.

Kelengkeng sebagai salah satu jenis buah yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis, seperti Asia. Buah yang satu keluarga dengan buah matoa ini banyak ditemukan di Tiongkok, Vietnam, Thailand, dan Indonesia. Buah dengan nama latin Dimocarpus longan Lour ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi sup buah.

Buah kelengkeng diketahui kaya nutrisi, seperti serat, kalsium, zat besi, vitamin B, vitamin C, kalium, dan antioksidan polifenol dan flavonoid. Berbagai nutrisi berikut yang membuat buah kelengkeng bisa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan

Berikut ini ialah beberapa manfaat buah kelengkeng yang dapat Anda peroleh:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah kelengkeng selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena kandungan antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya. Selain itu, kedua nutrisi itu bisa juga meredakan peradangan dan meningkatkan efektivitas sel darah putih.

Ketika sel darah putih bekerja dengan baik, tubuh juga bisa melawan kuman penyebab infeksi. Dengan begitu, tubuh tetap terlindungi dan Anda juga tidak mudah jatuh sakit.

2. Menjaga berat badan

Salah satu manfaat buah kelengkeng untuk tubuh ialah menjaga berat badan. Dengan kandungan serat yang tinggi di dalamnya, buah ini bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga mencegah Anda ngemil berlebihan dan menjaga berat badan tetap ideal.

Selain itu, buah kelengkeng juga bisa Anda jadikan sebagai bagian dari menu diet sehat sehari-hari, karena buah ini tergolong rendah kalori. Dalam 100 gram buah kelengkeng, hanya ada sekitar 200 kalori.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut