get app
inews
Aa Read Next : 6 Sungai Terindah di Dunia yang Wajib Dikunjungi 

5 Sungai Paling Tercemar di Dunia, Sangat Kotor dan Mengerikan!

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 14:36 WIB
header img
Sungai Paling Tercemar di Dunia. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Sungai merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi makhluk hidup. Oleh karena itu, pentingnya menjaga kebersihan agar sungai tidak tercemar oleh limbah yang mengakibatkan kesehatan terganggu. Ada beberapa sungai paling tercemar di dunia yang sangat kotor dan mengerikan.

Beberapa sungai di dunia tercemar karena industrialisasi berat, kurangnya kesadaran publik, dan kebijakan pemerintah yang lemah. Tetapi, sejak masa lalu, manusia juga sudah merusak dan mencemari sungai secara luas.

Sejarah sudah menunjukkan jika campur tangan manusia selalu mengganggu keseimbangan alam melalui berbagai aktvitas. Saat ini, sejumlah besar sungai di dunia sudah tercemar oleh campur tangan manusia.

5 Sungai Paling Tercemar di Dunia

Memang sangat disayangkan untuk jika banyak sungai kondisinya ada di ambang kematian. Inilah daftar 5 sungai paling tercemar di dunia, simka yuk:

1. Sungai Kuning, China

Sungai terpanjang kedua di Asia dan terpanjang keenam di dunia, sungai Kuning berasal dari 'Pegunungan Bayan Har' di provinsi Qinghai di China barat dan berakhir di Laut Bohai dekat kota Dongying di provinsi Shandong.

Dianggap sebagai 'tempat lahirnya peradaban Tiongkok', dan pernah, sebagai sumber utama air minum, sungai ini sudah menderita polusi parah hingga sepertiga airnya tidak bisa digunakan.

Menurut laporan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa, sekitar 4,29 miliar ton adalah limbah industri dan limbah dibuang ke sungai di tahun 1996. Akhir-akhir ini, di kota Lanzhou, air sungai tiba-tiba berubah menjadi merah karena pembuangan. Kontaminan tidak dikenal tertentu dari industri lokal.


Sungai Kuning, China. (sindonews.com)

2. Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Sebuah laporan tahun 2012 oleh kelompok Environment Missouri mengatakan jika pada tahun 2010, sekitar 12,7 juta pon limbah beracun dibuang ke sungai Mississippi. Ini termasuk bahan kimia beracun seperti nitrat, benzena, dan arsenik.

Sungai utama dari sistem drainase terbesar di Amerika Utara ini adalah sumber daya alam dan ekonomi paling besar untuk jantung Amerika Serikat. Lembah sungai Mississippi adalah daerah pertanian yang paling subur.

Saat ini, daerah yang mengelilingi muara sungai disebut 'Zona Mati', karena ganggang berbahaya yang tumbuh di sungai yang tercemar menyerap semua oksigen . Jadi mustahil untuk organisme lain untuk bertahan hidup.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut