get app
inews
Aa Read Next : 7 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Perlu Diketahui

7 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga, Sangat Simpel!

Minggu, 11 Desember 2022 | 13:42 WIB
header img
Cara Merawat Bunga Mawar. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Cara merawat bunga mawar bukanlah sulit. Bila kalian mempunyai bunga mawar pasti kalian mau merawatnya dengan sepenuh hati supaya nantinya tumbuhan tersebut mempunyai bunga yang mekar serta harum.

Ini merupakan salah satu tumbuhan hias yang kerap ditanam di tiap rumah. Rupanya yang terang serta mempunyai aroma harum, menjadikan bunga ini disukai banyak orang.

Bunga mawar ini identic dengan warna merah. Sementara itu, banyak sekali tipe tumbuhan bunga mawar yang dapat di tanam di taman rumah. Semacam bunga mawar warna ungu yang luar biasa wangi, ungu pucat, batik kuning, serta warna yang lain. Dilansir dari bibitbunga. com, berikut sebagian aspek yang sangat universal terjalin kenapa bunga mawar tidak kunjung berbunga. Serta pula cara merawat bunga mawar. Ikuti ulasannya berikut ini.

7 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

1. Penyinaran Matahari( Keseriusan Sinar) yang tepat

Seluruh tipe tanaman tercantum bunga mawar sangat memerlukan cahaya matahari. Cahaya matahari ini berperan buat menolong proses fotosintesis. Tanpa terdapatnya cahaya matahari proses fotosintesis tidak hendak berjalan dengan mudah. Cahaya matahari pula bisa menolong proses florasi ataupun pembungaan lebih kilat serta efisien.

Oleh karena itu, letakkanlah bunga mawar pada tempat yang memperoleh keseriusan sinar yang lumayan, paling utama cahaya matahari pada pagi hari dekat jam 06. 00- 10. 00 Wib. Waktu tersebut merupakan waktu tanaman yang sesuai buat melaksanakan sistem fotosintensis.

Bila kalian meletakkan tumbuhan bunga mawar di dalam ruangan, upayakan tiap pagi hari senantiasa menjemur bunga mawar di dasar cahaya matahari secara teratur. Ini hendak menolong bunga mawar kilat berbunga.

2. Pengendalian gulma

Dikala menanam tumbuhan, kita tidak dapat menjauhi bermacam berbagai gulma pengganggu. Semacam halnya dikala kita menaman bunga mawar. Supaya bunga mawar

kilat berbunga, hingga kalian wajib senantiasa mengatur gulma tersebut, secara teratur, bukan hanya sesekali. Kalian pula wajib mensterilkan gulma yang berkembang di media tanam di pot di dekat tanamannya. Seluruh rumput- rumput pengganggu wajib giat dibersihkan.

Bila tidak dicabut, hingga ini hendak mengusik proses perkembangan bunga mawar. Mayoritas orang yang malas mensterilkan gulma tersebut, perkembangan bunga mawarnya hendak terhambat.

Saat sebelum kalian melaksanakan pemupukan, yakinkan terlebih dulu seluruh gulma telah dibersihkan, sehingga pupuk serta nutrisi yang diberikan hendak meresap dengan baik pada pangkal mawar. Mengestimasi terdapatnya gulma sangat menolong tumbuhan bunga mawar supaya tidak berebutan nutrisi dengan rumput liar di dekat tumbuhan.

3. Proses pemupukan

Supaya bunga mawar bisa berbunga dengan kilat, kalian wajib melaksanakan pemupukan secara teratur. Pemupukan hendak membagikan seluruh faktor hara pada tumbuhan bunga mawar. Faktor hara yang ada di dalam tanah terkadang tidak lumayan buat memadai kebutuhan nutrisi dari bunga mawar. Kalian dapat melaksanakan pemupukan 2 kali dalam sebulan ataupun sekali dalam masing- masing 2 pekan.

Kalian pula dapat memakai pupuk kandang, pupuk kompos ataupun pupuk NPK. Bila memakai pupuk NPK mutiara lumayan bagikan 2 butir tiap tanamannya. Pupuk NPK mempunyai banyak sekali faktor hara yang sangat lengkap.

Terdapat fosfot, nitrogen serta pula kalium. Seluruh faktor hara tersebut bisa menolong bunga mawar berbunga lebih kilat. Tidak hanya itu pula sanggup tingkatkan imunitas tumbuhan terhadap hama serta tingkatkan kesuburan tumbuhan.

4. Bagikan ZPT Semacam Atonik ataupun Gandasil B

Salah satu cara supaya tumbuhan bunga mawar dapat berbunga dengan kilat serta rimbun ialah dengan cara membagikan ZPT. ZPT merupakan zat perangsang yang hendak menolong dalam proses pembungaan lebih kilat. Kalian dapat memakai ZPT tipe pupuk gandasil B.

Pupuk ini umumnya digunakan buat menggandakan hasil bunga. Dalam ZPT ini memiliki kalium yang sangat besar. Kalium inilah yang hendak memicu bunga mawar melaksanakan proses pembungaan lebih kilat. Oleh karena itu banyak petani bunga mawar yang memakai ZPT ini.

5. Proses penyiraman tumbuhan mawa

Penyiraman tumbuhan bunga mawar secara tertib bisa tingkatkan kesempatan bunga mawar berbunga kilat serta rimbun. Tanpa terdapatnya penyiraman bunga mawar, hingga tidak bisa berkembang dengan baik. Air sangat diperlukan oleh tanaman.

Seluruh proses didalam tanaman tentu memerlukan isi air yang besar. Air hendak diserap oleh pangkal serta diedarkan ke segala bagian tumbuhan. Bila bunga mawar kekurangan air, hingga hendak buatnya jadi kilat layu serta mati.

Proses penyiraman dapat kalian jalani 2 kali satu hari ialah pada pagi serta sore hari. Jangan melaksanakan penyiraman pada siang hari sebab dapat membuat tumbuhan kilat layu. Pada dikala masa hujan, kalian dapat melaksanakan penyiraman cocok kebutuhan. Kalian pula tidak wajib menyiram bunga mawar 2 kali satu hari.

Yakinkan buat senantiasa memakai air bersih buat menyiram bunga mawar. Kalian pula dapat memakai air cucian beras buat menyiram bunga mawar. Air cucian beras ini bisa menolong tingkatkan kesuburan tanah, sehingga bunga mawar berkembang lebih produktif.


Ilustrasi Bunga Mawar. (okezone.com)

6. Pemangkasan tumbuhan bunga mawar

Cara merawat bunga mawar yang lain ialah memangkas tumbuhan. Banyak orang yang melupakan perawatan yang satu ini. Sementara itu, bila kalian giat memangkas tumbuhan mempunyai bermacam- macam khasiat.

Tumbuhan bunga mawar yang sangat banyak dahan, ranting serta daun umumnya perkembangan bunganya hendak terhambat ataupun cuma berbunga sedikit.

Hasil fotosintesisnya cuma digunakan buat perkembangan dahan ranting serta daunnya saja, sehingga perkembangan bunga mawarnya terhambat. Oleh karena itu kalian wajib senantiasa giat melaksanakan pemangkasan.

Bilas bagian dahan serta ranting yang tua. Bilas pula daun yang kering. Jadi tumbuhan hendak fokus pada proses pembungaan saja. Jalani konsumsi minimun 2 pekan sekali.

7. Pengendalian penyakit serta hama

Cara merawat bunga mawat yang terakhir ialah pengendalian dari penyakit serta hama. Bunga mawar ialah salah satu tumbuhan yang sangat gampang terkena penyakit hama. Bila bunga mawar terkena penyakit ataupun hama, hingga perkembangan serta proses pembungaannya terhambat. Jadi bila terdapat bagian tumbuhan yang terserang hama penyakit, kalian wajib langsung menghilangkannya.

Dikala kalian memandang daun bunga mawar yang bolong- bolong, kalian dapat menyemprotkan insektisida ataupun toksin penghilang serangga. Bila kalian memandang tumbuhan mawar yang kilat layu meski telah disiram secara teratur, kalian dapat menyiramkan fungisida, buat menewaskan seluruh jamur pengganggu. Namun bila tidak terdapat kendala sama sekali, kalian tidak butuh menyiramkan pestisida ataupun fungisida.

Demikianlah pembahasan tentang cara merawat bunga mawar yang baik serta benar. Bila kalian melaksanakan seluruh proses perawatan tersebut, hingga bunga mawar hendak kilat berbunga. Mudah- mudahan postingan ini berguna. Serta mudah- mudahan mawar yang kalian tanam kilat berbunga ya. 

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut