get app
inews
Aa Read Next : 7 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Perlu Diketahui

Cara Menanam Bunga Teratai di Kolam dari Benih serta Tunas di Rumah

Minggu, 11 Desember 2022 | 15:41 WIB
header img
Cara Menanam Bunga Teratai. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Untuk kalian yang mempunyai kolam hias berisi ikan, rasanya tidak lengkap bila tidak dihias dengan bunga teratai, kan? Teratai ialah tumbuhan akuatik yang memanglah sering dijadikan tumbuhan hias buat membuat cantik tampilan kolam.

Popularitas bunga teratai telah tidak bisa diragukan lagi, tampilannya yang indah hendak jadi terus menjadi indah kala bunganya bermekaran. Cara menanam teratai juga dapat dibilang gampang, sebab tidak sangat membutuhkan perawatan yang teratur serta lingkungan.

Terdapat 2 cara yang dapat diseleksi buat penanamannya, ialah lewat benih ataupun lewat tunas. Tertarik buat menanam teratai di kolam ikan? Ikuti cara menanam bunga teratai berikut ini, ayo!

Cara Menanam Bunga Teratai di Kolam dari Benih serta Tunas di Rumah

1. Beli Benih

Saat sebelum membeli benih bunga teratai, kalian butuh mengenali kalau teratai terdiri dari bermacam tipe. Terdapat tipe teratai yang bercorak putih, ungu, hingga dengan merah muda.

Benih ini dapat kalian miliki dari petani tumbuhan hias ataupun kalian pula dapat mencarinya di marketplace online. Harga benih teratai terbilang lumayan murah, umumnya dijual dengan harga di dasar Rp10 ribu per butirnya.

2. Persiapan Bibit

Apabila telah memperoleh benih teratai yang di idamkan, terdapat sebagian langkah yang wajib kalian jalani buat mempersiapkan benih tersebut. Siapkan kikir logam, gelas ataupun wadah plastik, serta air dengan temperatur 24℃– 27℃. Sehabis itu ikuti langkah- langkah berikut ini:

  • Kikis kulit benih memakai kikir logam supaya air dapat menggapai inti benih. Dikala proses pengikisannya, jalani secara lama- lama serta yakinkan inti benih tidak turut terkikis
  • Siapkan wadah serta isi dengan air bersih
  • Rendam benih yang sudah dikikis dalam wadah tersebut
  • Sehabis direndam seharian, benih hendak mulai tenggelam ke bawah wadah serta ukurannya hendak membengkak 2 kaliKeluarkan benih yang mengapung, karena benih yang mengapung nyaris senantiasa tidak sukses ditanam
  • Ubah air dalam wadah tiap hari, tercantum kala benih telah mulai berkecambah( penggantian air butuh dicoba dengan hati- hati sebab benih yang sudah berkecambah sangatlah rapuh)

3. Persiapan Media Tanam

Mempersiapkan media tanam buat teratai sangatlah mudah. Cuma butuh wadah berdimensi lumayan besar serta komposisi tanah yang pas. Buat wadahnya, kalian dapat memakai ember plastik gelap sebab dapat menahan panas dengan lumayan baik.

Jangan pakai pot tumbuhan yang umumnya dijual di pasaran, sebab nanti dikala dimasukkan ke kolam hendak mengapung. Sehabis wadah siap, isi dengan tanah cocok syarat berikut ini:

  • Idelanya, komposisi tanah dalam media tanam teratai adalahtanah liat serta¼ pasir sungai
  • Masukkan tanah liat terlebih dulu, bari pasir sungai
  • Yakinkan wadah tidak berlubang ataupun mempunyai drainase, karena teratai bisa berkembang lewat lubang tersebut yang menjadikan pertumbuhannya tidak maksimal

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut