get app
inews
Aa Read Next : 7 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Perlu Diketahui

Cara Budidaya Sikas Mudah Tanpa Ribet, Dipastikan Sukses!

Sabtu, 10 Desember 2022 | 12:15 WIB
header img
Cara Budidaya Sikas Mudah Tanpa Ribet. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Sebelum mangulas tentang cara budibaya sikas, kita hendak kenalan tentang tanaman ini dulu. Sikas merupakan salah satu tumbuhan purba yang namanya lumayan populer digolongan penghobi tumbuhan hias Indonesia.

Tumbuhan sikas sendiri mempunyai istilah lain ialah mawar jambe, pakis haji, sago palm, penawar jambe. Tumbuhan ini tercantum dalam keluarga Cycadaceae dengan karakteristik spesial memiliki daun menjular keluar semacam tumbuhan kelapa.

Ada banyak tipe sikas yang terdapat di dunia, tetapi di Indonesia populer dengan 4 tipe, antara lain blue encephalartos, Encephalartos Latifrons, Encephalartos Ferox, Encephalartos Longifolius, dimana dari sebagian tipe tersebut nyaris mempunyai wujud yang sama cuma pada wujud daunnya saja yang berbeda.

Cara Budidaya Sikas/ Penawar Jambe

Habitat Sikas Hawa Tropis

Tumbuhan ini merupakan tipe tumbuhan tropis yang mempunyai habitat asal lumayan panas, antara lain wilayah Afrika, Australia Bagian Utara, Asia Bagian Tenggara serta wilayah tropis yang lain.

Dengan habitat semacam ini, hingga normal jika tumbuhan sikas ini mempunyai energi tahan hidup yang sangat kokoh dengan sedikit air. Menarik bukan? Memanglah tumbuhan ini lumayan eksotis serta biayanya lumayan mahal yang dibanderol dengan harga Rp. 100. 000 dengan dimensi batang ketinggian dekat 10- 15 centimeter.

Mengapa dapat semahal itu? sebab mempunyai energi berkembang yang lumayan lelet ialah dekat 5- 10cm per tahun. Tetapi terdapat pula yang murah dapat dicek dalam link tumbuhan sikas murah.

Karakteristik Spesial Tumbuhan Sikas

Tumbuhan sikas memiliki ciri

batang yang lumayan keras bewarna cokelat tua apalagi mendekati gelap. Tidak hanya itu, tumbuhan ini dapat dikatakan nyaris menyamai dengan palem/ palm, mengapa? Sebab daun yang berkembang dari tumbuhan ini senantiasa diawali dari sangat ujung atas yang setelah itu hendak membentuk struktur baru serta terus berkembang keatas sekalian membentuk batang.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut