get app
inews
Aa Read Next : 7 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Perlu Diketahui

Cara Budidaya Sikas Mudah Tanpa Ribet, Dipastikan Sukses!

Sabtu, 10 Desember 2022 | 12:15 WIB
header img
Cara Budidaya Sikas Mudah Tanpa Ribet. (okezone.com)

Gimana Membuat Sikas Bercabang?

Bersumber pada sumber trubus, sikas memanglah biasanya berkembang cuma tunggal. Sangat sulit sekali ditemui sikas yang bercang secara natural, dari 10. 000 tumbuhan sikas, dapat jadi hanya1 yang tumbus natural bercabang.

Perihal ini disebabkan sikas tidak mempunyai tunas aksilar ataupun tunas samping. Oleh sebab itu, sebagian carapun dicoba buat buatnya bercabang ialah dengan 2 cara yaitu:

  • Menancapkan bambu pada ujung sikas
  • Memotong ujung sikas

Tetapi dari ke 2 cara diatas, cara memotong sikas pada bagian ujung sangatlah berbahaya sebab hendak menyebabkan tumbuhan sikas membusuk serta berujung mati. Hingga, cara awal yang kerap diseleksi buat membuat sikas ini bercabang, tetapi tetaplah berbahaya.

Makanya buat meminimalisir efek busuk, tumbuhan sikas yang telah ditusuk dengan bambu ini langsung kita bagikan cairan fungida supaya kurangi cendawan ataupun kuman pembusuk.

Namun tanpa cairan fungida senantiasa dapat dilkakukan tetapi berbeda cara, ialah tumbuhan sikas yang telah dusuk dengan bambu setelah itu ditunggu sepanjang 7 hari hingga mengering kemudian bambu tersebut dilepas.

Sehabis itu, hendak terdapat tunas cabang berkembang baru di sekitaran pucuk sikas yang“ dibunuh” tadi. Tetapi cara yang sangat nyaman membuat sikas bercabang ialah dengan fungida.

Penjelasannya ilmiah menimpa sikas yang“ dibunuh” ujungnya ialah, cabang hendak terangsang berkembang apabila jaringan meristem apikal rusak. Sehingga metode manancapkan bambu ini berperan buat mematahkan serta kurangi meristem apikal berkembang di ujung tumbuhan sikas ini. 

Itulah cara budidaya sikas dengan mudah tanpa ribet dijamin berhasil. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut