get app
inews
Aa Read Next : 7 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Perlu Diketahui

6 Empon-Empon Dengan Manfaat Baik untuk Kesehtan Badan

Selasa, 03 Januari 2023 | 17:35 WIB
header img
Empon-Empon Dengan Manfaat Baik. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Empon-empon atau dalam taksonomi tumbuhan masuk ke suku Zingiberaceae diprediksi mempunyai 50 genus dan lebih dari 1000 spesies. Dari 1000 spesies yang ada, baru belasan rimpang yang digunakan dengan maksimal sebagai tanaman obat, bumbu dapur, kosmestik, dan asesori upacara tradisi.

Sementara bekasnya belum juga tereksplor dengan optimal, walau sebenarnya secara fitokimia, suku empon-emponan mempunyai punyai kemiripan yang berguna sebagai obat herbal. Nach, empon-empon rupanya banyak faedahnya lho. Apa lagi menahan vsakit. Apasaja kah?

6 Empon-Empon Dengan Manfaat Baik untuk Kesehtan Badan

1. Jumpa Lawak (Curcuma xanthorrizha)

Warna rimpang Jumpa Lawak ialah orange, tetapi cukup tua dibandingkan kunyit. Jumpa Lawak sebagai tanaman epidemik asli Indonesia. Bila orang dengar Jumpa Lawak, karena itu yang terpikir ialah manfaatnya untuk menambahkan selera makan pada anak-anak. Kehadiran rimpang ini cukup berlimpah di pasar. Masyarakat telah telanjur memercayai akan manfaat yang didapatkan dari konsumsi Jumpa Lawak.

Faedah yang bisa didapat dari jumpa lawak ialah menambahkan selera makan, menyembuhkan masalah pencernaan, menangani kram perut saat haid, menangani masuk angin, menolong penyembuhan kanker, menangani permasalahan usus besar, mempengaruhi metabolisme lemak, menangani radang persendian, keluarkan racun badan, menangani demam, tingkatkan peranan ginjal, tingkatkan stamina.

2. Kunyit (Curcuma longa)

Warna rimpangnya orange. Jumpa ini kemungkinan termudah dijumpai dibanding empon-empon tipe lain. Ini karena kunyit banyak memiliki manfaat sebagai obat dan bumbu dapur seperti mengolah ikan untuk hilangkan berbau amis dan lain-lain.

Kunyit kerap kali digunakan untuk asesori upacara tradisi pada warga Jawa. Secara kesehatan kunyit sudah dianggap bawa banyak azas faedah dalam tubuh. Karena itu beberapa literatur ilmiah merekomendasikan untuk jadi tanaman wajib buat isi mengebut tanaman obat keluarga.

Manfaat yang bisa didapat salah satunya ramuan anti infeksi badan, menyembuhkan asam lambung, kurangi produksi gas pada pencernaan, menurunkan sakit di perut karena irritable bowel syndrom, kurangi mual, dan menurunkan diare

3. Jumpa Putih (Curcuma zedoaria)

Kerap kali jumpa putih dipertukarkan namanya dengan kunir putih. Atau dalam kata lain dua spesies ini dipandang sama. Walau sebenarnya ke-2 nya benar-benar berlainan.

Jumpa putih dari marga Curcuma, dan kunir putih dari marga Kaempferia. Rasa jumpa putih benar-benar pahit, dan kunir putih tidak begitu pahit. Jumpa putih dipasarkan di pasar karena dipercayai sebagai obat kanker.

Tetapi sebetulnya tidak itu saja, banyak faedah yang didapat dari jumpa putih, salah satunya kandungan curcumol dan curdione berperan untuk antikanker, untuk kurangi ngilu di saat haid, bisa menyembuhkan kanker seperti kanker serviks, menyembuhkan kista, menangani diare, menangani permasalahan lambung, dan menangani sakit di perut.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut