get app
inews
Aa Read Next : 5 Perawatan Gigi Tambalan agar Tahan Lama yang Jarang Diketahui

5 Perawatan Setelah Pembersihan Karang Gigi, Dijamin Ampuh!

Minggu, 18 Desember 2022 | 20:27 WIB
header img
Perawatan Setelah Pembersihan Karang Gigi. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Karang gigi menjadi salah satu masalah gigi yang umum dialami banyak orang. Kalau tidak dibersihkan, maka bisa menyebabkan masalah gigi yang serius. Tapi, tak hanya sampai membersihkan, sebab perawatan setelah pembersihan karang gigi juga perlu dilakukan.

Banyak yang mengeluhkan setelah membersihkan karang gigi, malah menyebabkan gigi jadi ngilu dan perih. Kalau tidak dirawat dengan tepat, maka bisa memicu timbulnya masalah baru pada gigi. Kakak pasti tak ingin hal itu terjadi, bukan?

5 Perawatan Setelah Pembersihan Karang Gigi

Untuk meminimalisir efek dari scaling atau membersihkan karang gigi, Kakak bisa melakukan beberapa perawatan yang tepat. Agar gigi kembali normal tanpa rasa ngilu, perih, bahkan sakit yang berlebih.

1. Kumur Air Garam

Pastikan untuk rutin berkumur dengan air garam hangat, fungsinya untuk meredakan ngilu yang muncul pada gigi sehabis scaling. Lakukan selama beberapa menit, hingga garam memberikan efek meredakan radang dan ngilu.

Kumur ini bisa dilakukan sesering mungkin jika dibutuhkan, karena selain meredakan ngilu juga bermanfaat menjaga kesegaran mulut dan kondisi gigi agar tetap sehat.

2. Pasta Gigi Khusus

Selama ngilu dan perih masih dirasakan, coba ganti dulu pasta gigi dengan yang diperuntukkan bagi gigi sensitif. Sehingga, saat menggosok gigi bisa lebih nyaman tanpa sensasi ngilu.

Jika ngilu sudah reda, maka Kakak bisa mengganti pasta gigi dengan yang biasa, agar proses pembersihan gigi jadi lebih maksimal dan karang gigi tidak muncul lagi.

Usahakan juga untuk rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari. Sebagai salah satu upaya perawatan setelah pembersihan karang gigi, yang akan membantu memulihkan kondisi gigi.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut