get app
inews
Aa Read Next : 5 Perawatan Setelah Pembersihan Karang Gigi, Dijamin Ampuh!

Ketahui 5 Perawatan Gigi Crown yang Aman dan Tepat

Jum'at, 02 Desember 2022 | 18:41 WIB
header img
Perawatan Gigi Crown yang Aman dan Tepat. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Dental crown atau crown gigi merupakan suatu metode pemasangan selubung gigi palsu di atas gigi yang rusak. Crown gigi memiliki fungsi untuk memperbaiki tampilan serta melindungi gigi. Bagi yang melakukan metode crown gigi sudah seharusnya melakukan perawatan lebih ekstra.

Perawatan Gigi Crown

Crown gigi akan membuat gigi terlihat lebih bagus, namun ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk melakukan crown gigi. Berikut beberapa perawatan gigi crown yang harus dilakukan, yaitu:

1. Mengunyah Makanan Menggunakan Gigi yang Tidak Dipasang Crown Gigi

Crown gigi yang sudah dipasang dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama sekitar 5 sampai 20 tahun, lho. Supaya crown gigi tetap terjaga, maka Kakak harus bisa merawat gigi dengan baik. 

Salah satu caranya adalah dengan mengunyah makanan menggunakan gigi yang tidak dipasang crown gigi. Hal ini dilakukan supaya crown gigi tetap awet dan tidak rusak.

2. Hindari Konsumsi Makanan yang Lengket dan Kenyal

Beberapa makanan lengket dan kenyal yang perlu dihindari yaitu karamel, permen karet, atau permen jelly. Makanan yang kenyal dan lengket umumnya mengandung pemanis serta pengawet yang dapat merusak gigi. Jika dilakukan terus-menerus gigi akan lebih cepat rusak dan keropos. 

Walaupun telah dilindungi oleh crown, bukan berarti gigi terhindar dari kerusakan. Kakak harus lebih hati-hati dalam mengkonsumsi banyak makanan kenyal karena bisa membuat gigi rusak. 

Terdapat kemungkinan bahwa makanan yang kenyal bisa menempel pada gigi dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, lebih baik hindari makan makanan yang kenyal dan lengket supaya crown gigi tetap terjaga.

3. Menjaga Kebersihan Gigi

Semua orang yang melakukan prosedur crown gigi maupun tidak, perlu menjaga kebersihan gigi dengan benar. Gosok gigi dua kali dalam sehari secara teratur serta gunakan dental floss untuk membersihkan kotoran yang tersisa di sela-sela gigi. 

Supaya hasil lebih maksimal, Kakak juga bisa berkumur menggunakan obat kumur untuk memastikan keadaan gigi dan crown gigi selalu bersih.  Ketika menggunakan dental floss, Kakak juga perlu berhati-hati. Hindari menarik dental floss ke arah atas, karena hal tersebut dapat melepaskan crown gigi.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut