get app
inews
Aa Read Next : 5 Perawatan Setelah Pembersihan Karang Gigi, Dijamin Ampuh!

5 Daftar Harga Perawatan Gigi yang Perlu Diketahui

Jum'at, 02 Desember 2022 | 15:28 WIB
header img
Harga Perawatan Gigi. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Melakukan perawatan gigi sama pentingnya dengan merawat anggota tubuh yang lain. Banyak orang yang enggan pergi ke dokter gigi untuk melakukan perawatan gigi dengan berbagai alasan. Salah satu alasannya mengenai biaya untuk perawatan gigi.

Daftar Harga Perawatan Gigi

Biaya perawatan gigi berbeda-beda tergantung dari jenis perawatan dan tempat yang Kakak pilih. Berikut kisaran daftar harga perawatan gigi:

1. Scaling

Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan scaling gigi tergantung dari kondisi rongga mulut pasien dan faktor lainnya. Semakin menumpuk karang gigi, maka harga untuk perawatan scaling gigi juga akan lebih mahal. Umumnya, rentang biaya scaling gigi sekitar Rp 200 ribu – Rp 300 ribu. 

Namun, ada juga fasilitas kesehatan yang menawarkan harga lebih murah atau lebih mahal. Jika Kakak ingin mencari harga scaling gigi yang lebih murah, Kakak bisa mencoba mendatangi puskesmas untuk membersihkan karang gigi.

2. Pencabutan Gigi

Cabut gigi merupakan operasi pencabutan gigi dari gusi yang biasanya dilakukan pada gigi yang rusak. Besarnya biaya untuk prosedur pencabutan gigi sangat bervariasi, tergantung berapa gigi yang akan dicabut, ada tidaknya penyulit operasi, dan tempat untuk melakukan proses. 

Kisaran biaya untuk pencabutan gigi yaitu sekitar Rp 150 ribu – Rp 500 ribu per gigi. Tetapi, untuk setiap kota dan fasilitas kesehatan yang berbeda harga yang ditawarkan juga bisa berbeda.

3. Penambalan Gigi

Banyak orang yang datang ke dokter gigi untuk melakukan tambal gigi. Rentang biaya untuk tambal gigi terhitung cukup besar tergantung dari kondisi lubang gigi. 

Untuk lubang gigi yang ringan dan menggunakan bahan tambal terjangkau biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 150 ribu- Rp 300 ribu untuk satu gigi. Namun, untuk keadaan gigi berlubang parah, maka biaya yang diperlukan lebih parah mencapai Rp 700 ribu – Rp 1 juta.  

Biaya tambal gigi dipengaruhi oleh bahan tambal yang dipakai, lokasi fasilitas kesehatan yang dipilih, serta adanya prosedur pemeriksaan tambahan yang diperlukan atau tidak.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut