get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5 Manfaat Daun Mahkota Dewa untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 19 Desember 2022 | 14:42 WIB
header img
Manfaat Daun Mahkota Dewa. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Mahkota dewa ini lebih banyak tumbuh di Pulau Papua dengan nama latinnya Phaleria macrocarpa. Dalam pengolahannya, daun mahkota dewa direbus untuk diambil airnya. Ada juga yang mengolahnya menjadi ekstrak dalam bentuk kapsul.

Manfaat Daun Mahkota Dewa untuk Kesehatan

Meskipun mahkota dewa dikenal sebagai tanaman yang bermanfaat, namun tidak bisa asal sembarangan mengkonsumsinya. Tanaman ini juga terkenal sebagai buah beracun dengan rasa yang sangat pahit. Di antara manfaat dari daun mahkota dewa adalah sebagai berikut:

1. Obat Anti Alergi dan Detoksifikasi Racun

Mahkota dewa memiliki sifat antivirus dan antibakteri, sehingga mampu mengurangi keluhan alergi. Zat polifenolnya berfungsi sebagai formula anti histamin, dimana zat ini akan membantu mencegah berbagai masalah yang disebabkan oleh alergi, seperti sesak napas, ruam, gatal, hingga bengkak.

Di dalam mahkota dewa juga terdapat senyawa alkaloid yang sifatnya dapat membantu menetralisir racun yang ada dalam tubuh, lho. Racun tersebut akan dibuang melalui proses sekresi. Sedangkan flavonoidnya akan menyingkirkan virus bakteri sehingga menyehatkan ginjal, hati, dan pencernaan.

2. Menstabilkan Tekanan Darah dan Gula Darah

Senyawa saponin didalamnya mampu mengurangi penggumpalan darah, sehingga peredaran daran lebih lancar dan tekanan darah menjadi stabil. Mahkota dewa juga membantu mengurangi timbunan lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Manfaat daun mahkota dewa untuk kesehatan yang sangat penting adalah menstabilkan gula darah. Hal ini tentu sangat membantu bagi yang memiliki penyakit diabetes. Flavonoid dalam mahkota dewa bekerja efektif untuk regenerasi sel pankreas dan menstabilkan insulin.

Selain itu, terdapat juga senyawa saponin yang bekerja untuk menurunkan resiko diabetes dengan mengurangi kadar gula darah. Terdapat juga alkaloid yang memiliki peran dalam menstabilkan gula darah, serta menghambat absorbsi glukosa di usus.

3. Mengatasi Sakit Kepala

Ramuan dari daun mahkota dewa ini, memiliki sifat analgesik yang dapat mengatasi keluhan sakit kepala. Cara kerjanya adalah sebagai pereda nyeri agar rasa sakit dalam tubuh berkurang. Zat flavonoidnya bekerja sebagai antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh.


Manfaat Daun Mahkota Dewa. (okezone.com)

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun mahkota dewa dapat juga dijadikan sebagai obat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, lho. Dengan imunitas yang baik, maka tubuh dapat menangkal berbagai jenis penyakit yang masuk. Senyawa saponinnya akan menjadi anti bakteri dan antivirus yang baik, sehingga tubuh lebih bugar.

5. Mencegah Kanker dan Penyakit Kardiovaskuler

Manfaat yang satu ini mungkin adalah yang utama. Banyak orang yang berusaha untuk sembuh dari kanker, mengingat penyakit ini memiliki jumlah penderita yang cukup banyak namun belum ada obatnya. Langkah yang bisa Kakak ambil adalah mencegahnya.

Salah satunya adalah dengan konsumsi mahkota dewa. Dalam tanaman ini terdapat antioksidan dan anti inflamasi yang cukup kuat. Hal ini dapat mencegah beberapa macam kanker dalam tubuh. Sifat anti kanker di dalamnya akan mencegah kerusakan sel pada organ vital tubuh.

Mahkota dewa mampu menstabilkan gula darah dan tekanan darah, sehingga cukup bermanfaat dalam mencegah penyakit kardiovaskuler.  Beberapa senyawa yang terdapat di dalamnya seperti flavonoid mampu menurunkan risiko aterosklerosis, yang berguna untuk meningkatkan kualitas pembuluh darah

Manfaat daun mahkota dewa untuk kesehatan memang cukup beragam. Mulai dari penyakit yang ringan hingga yang berat. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan mahkota dewa ini harus dengan komposisi yang tepat karena memiliki efek samping yang cukup serius. 

Itulah manfaat daun mahkota dewa untuk kesehatan tubuh yang wajib diketahui. Semoga berguna dan bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut