get app
inews
Aa Read Next : Aneka Kuliner di Kota Batu yang Wajib Kamu Kunjungi!

Makanan Khas Tahun Baru di Beberapa Negara, Cari Tahu Yuk?

Jum'at, 30 Desember 2022 | 12:28 WIB
header img
makanan khas tahun baru (pexels)

BATU, iNews.id - Di sejumlah negara di dunia, momen perayaan tahun baru selali diadakan aktifitas yang meriah. Tidak hanya sekedar menyaksikan kembang api saja, namun tahun baru biasanya identik dengan makan-makan.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan bahas ulasan yang cukup menarik tentang makanan khas tahun baru di beberapa negara di dunia. Jika di Indonesia biasa banyak orang yang identik masak bakar ayam atau BBQ bareng teman-teman, lalu bagaimana jika di negara lainnya? yuk ikuti ulasan tim iNews Batu selengkapnya berikut ini :

Makanan Khas Tahun Baru di Beberapa Negara

1. Jepang

Makanan khas tahun pertama kali ini adalah Mi Soba untuk warga Jepang. Tepat saat sebelum larut malam pada Malam Tahun Baru, orang Jepang umumnya bakal makan mi soba. Soba Toshikoshi, yang diterjemahkan jadi sajian mi soba "menyeberang tahun", banyak memiliki simbolisme. 

Mi yang panjang pertanda persilangan dari 1 tahun ke tahun selanjutnya. Mi yang gampang dipotong itu mengisyaratkan pelepasan penyesalan tahun lalu dan pemangkasan.


makanan khas tahun baru setiap negara (pexels)

2. Spanyol

Di Spanyol, dengan 12 detik tersisa sampai Tahun Baru, orang makan 12 buah anggur hijau untuk bawa peruntungan di tahun depan. Bila tidak dapat makan semua pada larut malam terakhir, itu dianggap sebagai kesialan. Tetapi menyantapnya tepat waktu dan 12 bulan keberuntungan dipercayai akan mendekati.

3. Prancis

Berbeda dengan dua negara di atas, makanan khas tahun baru warga Prancis ini cukuo beragam, mulai dari foie gras, lobster, tiram, dan escargot, tak lupa juga dengan sampanye. Orang Prancis umumnya rayakan Tahun Baru dengan acara pesta besar, biasanya dikenali sebagai le réveillon de la Saint-Syvestre. 

4. Italia

Orang Italia menyukai lentil (semacam kacang) karena memiliki bentuk yang seperti coin itu menyimbolkan peruntungan dan kemakmuran. Makan malam Tahun Baru umumnya tampilkan bahan ini untuk bawa keberuntungan di tahun mendatang. Daging babi kerap ditambahkan ke sajian lentil berbentuk cotechino, sosis pedas, atau zampone.

5. Filipina

Budaya Filipina memiliki makanan khas Tahun Baru dengan menyuguhkan 12 buah berwujud bundar. Wujud bundar menyimbolkan coin yang sebagai wakil kemakmuran dan kekayaan untuk tiap bulan di tahun mendatang. Apel, melon, jeruk, dan anggur ialah opsi yang terkenal, tapi buah bulat apa saja dapat dipakai.

6. Brasil

Di Brasil, makanan tertentu dikonsumsi untuk mengundang peruntungan di tahun mendatang. Tujuh ialah angka peruntungan pada Malam Tahun Baru, jadi tujuh biji delima dikonsumsi untuk isi dompet dan 7 buah anggur pastikan kelimpahan di semua sektor kehidupan. Sebagian orang Brasil melompati tujuh ombak di lautan dan membuat tujuh keinginan untuk tahun baru saat mereka melonjak.

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut