get app
inews
Aa Read Next : 10 Tips Merawat Ikan Nemo di Rumah yang Perlu Dilakukan

10 Cara Memelihara Ikan Nila Agar Cepat Besar dan Panen

Minggu, 15 Januari 2023 | 07:35 WIB
header img
Cara Memelihara Ikan Nila. (sindonews.com)

Cara Memelihara Ikan Nila. (okezone.com)

3. Memilah bibit berkualitas

Bibit bermutu ialah ketentuan absolut agar memperoleh hasil optimal kala memanen ikan nila. Buat itu belilah bibit ikan pada penyedia yang telah terpercaya sehingga terjamin kualitasnya. Bibit ikan nila umumnya berdimensi dekat 5 sampai 10 cm ataupun berbobot 25 sampai 30 gr perekor.

4. Menebar bibit ikan secara tepat

Sehabis didapatkan bibit ikan yang bermutu hingga perihal lain yang tidak kalah berarti merupakan menebarkan bibit- bibit tersebut secara benar dan pas. Sesuaikan dimensi kolam dengan jumlah bibit yang hendak disebar.

Jangan sangat padat sehingga nantinya populasi ikan sangat padat dan jangan pula sangat renggang sebab hendak merugikan peternak. Buat tiap 1 m persegi kolam bisa diisi dekat 10 sampai 15 ekor ikan nila.

5. Membagikan santapan yang bermutu dan pas waktu

Santapan ialah salah satu aspek berarti agar ikan nila yang kamu ternakkan bisa badan dengan sehat dan cepat besar. Nila tidaklah tipe ikan yang pilih- pilih santapan dan tercantum omnivora sehingga bisa diberi santapan baik hewani ataupun nabati.

Dia bisa diberi makan berbentuk pelet, dedak, ampas kelapa, apalagi sisa santapan. Tetapi perhatikan sisa santapan yang diberikan, jangan yang memiliki kandungan minyak besar sebab bisa jadi toksin mematikan untuk ikan.

Ikan nila pula bisa diberi pakan alternatif sehingga kamu bisa mengirit bayaran pembelian pelet. Pakan alternatif yang bisa diberikan kepada ikan nila semacam jagung, sorgum, tepung kedelai, tepung terigu, bungkil kelapa, biji kapas, biji kapuk, dan tepung bungkil kacang tanah.

Walaupun diperbolehkan tetapi pakan- pakan ini tidak boleh diberikan secara kelewatan. Ikan pula wajib diberikan makan secara teratur dan pas waktu sehingga dia tidak kelaparan dan bisa berkembang dengan baik. Umumnya ikan nila diberi makan 2 kali satu hari ialah pagi dan sore hari.

6. Membagikan bonus vit sekali sebulan

Tidak hanya pakan setiap hari hendaknya ikan nila peliharaan kamu diberi konsumsi vit sehingga dia bisa berkembang besar dengan baik dan terpelihara kesehatannya. Pemberian vit ini lumayan dicoba satu kali dalam sebulan.

7. Menguasai kepribadian ikan nila dan penyakit- penyakit yang dapat menyerang

Selaku pemelihara ataupun peternak kamu wajib menguasai kepribadian ikan nila dengan baik dan bermacam seluk beluknya sehingga bisa membagikan perlakuan yang pas.

Tercantum di dalamnya menguasai mungkin penyakit- penyakit yang bisa melanda semacam tekanan pikiran pada ikan, peradangan kuman dan jamur, ikan kurang nafsu makan, dan lain sebagainya.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut