get app
inews
Aa Read Next : 10 Tips Merawat Ikan Nemo di Rumah yang Perlu Dilakukan

10 Cara Memelihara Ikan Nila Agar Cepat Besar dan Panen

Minggu, 15 Januari 2023 | 07:35 WIB
header img
Cara Memelihara Ikan Nila. (sindonews.com)

8. Menanggulangi ikan yang sakit dengan cara yang tepat

Tidak hanya menguasai penyakit- penyakit pada ikan seseorang peternak pula wajib mengenali dengan baik cara menanggulangi ikan nila yang sakit cocok dengan tipe penyakitnya. Langkah- langkah apa yang wajib ditempuh.

Contohnya apabila ikan nila nampak tekanan pikiran yang umumnya diakibatkan oleh air yang kotor hingga hendaknya kamu lekas menghabiskan dan mensterilkan air kolam. Ataupun kala dia kurang nafsu makan sedangkan air kolam telah dalam keadaan bersih hingga cobalah berikan obat penambah nafsu makan.

9. Melindungi kebersihan kolam

Aspek kebersihan kolam pula ialah perihal berarti dalam pemeliharaan ikan nila. Ikan ini ialah jenis ikan yang tidak menggemari air keruh sehingga senantiasa perhatikan perputaran air.

Usahan air kolam senantiasa mengalir ataupun ditukar secara berkala sehingga ikan bisa berkembang dengan baik dan bebas dari tekanan pikiran ataupun penyakit yang lain.

10. Melaksanakan pemanenan cocok dengan keadaan ikan

Ikan nila biasanya telah bisa dipanen sehabis 5 ataupun 6 bulan masa pemeliharaan sebab umumnya bobotnya telah menggapai 500- 600 gr per ekor. Tetapi bila sepanjang pemeliharaan ada banyak hambatan semacam terdapatnya penyakit yang melanda hingga dapat saja ikan tidak berkembang wajar dan belum siap buat dipanen.

Kala memanen perhatikan pula keadaan dan bobot segala ikan, apakah mereka berkembang besar secara bertepatan ataupun terdapat yang masih kecil.

Bila kebanyakan telah siap buat dipanen hingga kamu bisa langsung memanennya secara bertepatan dengan cara menghabiskan air kolam dan mengambil ikan- ikan tersebut buat dijual baik kepada pengepul ataupun kepada konsumen secara langsung. Sedangkan bila masih terdapat sebagian ikan yang belum siap panen hingga kamu wajib memilah ikan yang siap panen dan menjaringnya satu- persatu.

Itulah cara memelihara ikan nila agar cepat besar dan panen yang perlu diketahui. Semoga berguna dan bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut