Tidak Hanya Indonesia, Negara ini Juga Pakai Bahasa Jawa sebagai Bahasa Daerah

Dean Ismail
ilustrasi orang jawa (phinnemo)

2. Singapura

Masih di negara yang tak terlalu jauh dari Indonesia. Ada Singapura sebagai salah satu negara yang paling maju di Asia Tenggara. Disana ternyata kita dapat menemukan sebuah kampung bernama Kampung Jawa di tepi sungai Rochor.

Ada satu hal yang membuat banyak orang Jawa yang tinggal disana. Dulu sekitar tahun 1825 sejumlah pekerja dikirimkan ke Negeri Singa itu. Mereka dipekerjakan sebagai buruh pada perkebunan karet dan jalur kereta api.

Umumnya mereka yang diberangkatkan ke Singapura adalah masyarakat dari Provinsi Jawa Tengah yang kemudian bermukim dan mendirikan sebuah pemukiman sampai saat ini.

3. Suriname

Banyak yang sudah tahu jika di negara ini banyak sekali etnis Jawa. Bahkan bahasa Jawa adalah salah satu bahasa populer dan juga diakui sebagai bahasa daerah di negara yang terletak di Benua Amerika tersebut.

Suriname dan Indonesia memiliki nasib yang sama. Kedua negara ini dijajah oleh Belanda. Pada tahun 1890 sampai 1939 banyak sekali orang Indonesia yang berasal dari suku Jawa yang diberangkatkan ke negara yang dahulu dinamai Guyana Belanda itu.

Tak tanggung-tanggung sekitar 75 ribu orang kita diangkut ke Suriname dan dipekerjakan disana. Hingga kini etnis Jawa masih sangat banyak disana. Bahkan tak sedikit dari mereka yang memiliki jabatan penting di pemerintahan.

Editor : Dean Ismail

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network