Tidak Hanya Indonesia, Negara ini Juga Pakai Bahasa Jawa sebagai Bahasa Daerah

Dean Ismail
ilustrasi orang jawa (phinnemo)

4. Belanda

Sudah dipastikan, negara yang menjajah Indonesia berabad-abad itu juga menaruh minat terhadap bahasa Jawa. Dulu, banyak juga orang-orang Indonesia yang menjadi budak dan pekerja di Belanda. mereka dipekerjakan disana.

Hingga akhirnya bahasa Jawa juga cukup populer disana. Bahkan Universitas Leiden di Belanda juga membuka program studi bahasa Jawa. Universitas ini adalah salah satu universitas favorit di Negeri Oranye. Bahkan ada banyak naskah-naskah kuno kita yang tersimpan disana.

5. Cocos Island

Baru dengar nama negara ini? Memang negara ini adalah negara yang teramat kecil. berbentuk kepulauan dan hanya memiliki luas 14 Km saja.

Cocos Island masuk kedalam teritorial negara Australia, meski dilihat dari peta negara ini cukup dekat dari Indonesia. Letaknya ada disebelah barat daya pulau Jawa.

Sebanyak 80% penduduk di negara kepualaun ini adalah orang Melayu dan Jawa. Sebab pada masa kolonialisme, banyak orang kita yang dibawa oleh Inggris kesana dan lagi-lagi untuk dipekerjakan pada abad ke 19.

Salah satu yang menarik dari negara bercorak Islam itu adalah teletak pada logo negaranya yang terang-terangan menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu negara beribukotakan West Island ini juga memiliki Moto “Maju Pulau Kita”.

Editor : Dean Ismail

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network