Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar? Ketahui Penyebab dan Cara Merawatnya

Dean Ismail
Ilustrasi Mesin cuci (okezone.com)

BATU, iNews.id - Mesin cuci adalah salah satu alat praktis dan otomatis, yang berfungsi untuk membantu mencuci pakaian dan mengeringkan pakaian. Alat elektronik satu ini harus dimiliki di rumah, karena bisa mempermudah Anda dalam mengurus pakaian.

Alat elektronik pastinya harus dirawat dan dibersihkan secara teratur. Karena kalau mesin cuci tidak dirawat dengan benar, maka mesin cuci akan mengalami kerusakan dan tidak bisa berputar. Hal ini juga bisa menyebabkan pakaian yang sedang dicuci menjadi rusak.

Penyebab mesin cuci tidak berputar juga bisa disebabkan karena terlalu banyak mencuci pakaian. Untuk menghindari kendala ini saat menggunakan mesin cuci.

Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar 

1. Kabel Mesin Cuci Putus

Penyebab mesin cuci tidak berputar yang pertama yaitu karena kabel mesin cuci putus. Putusnya kabel mesin cuci ini bisa disebabkan karena sering digigit tikus, atau mesin cuci sudah sangat lama digunakan. Sebaiknya berikan perlindungan khusus pada kabel, agar tidak mudah putus dan tikus tidak dapat masuk melalui celah mesin cuci.

2. Kapasitor Mesin Cuci Terbakar

Jika sering menggunakan mesin cuci, tentu saja bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian mesin cuci, seperti terbakarnya kapasitor pada mesin cuci. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan munculnya bunyi, pada saat mesin cuci dinyalakan atau berputar. Segera servis mesin cuci saat mendengar suara kerusakan.

3. Dinamo Mesin Cuci Rusak

Dinamo mesin cuci bisa rusak dan menyebabkan mesin cuci tidak berputar. Kerusakan pada dinamo ini juga bisa disebabkan karena mesin cuci sering digunakan dan jarang diservis. Selain itu, dinamo pada mesin cuci bisa rusak jika terkena air. Sebaiknya perhatikan penggunaan mesin cuci dengan benar, agar tidak menyebabkan dinamo rusak.

Editor : Bayu Pratama

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network