Langkah Kerja atau Pembakaran
Karena kompresi bahan bakar dan udara dalam tekanan dan suhu tinggi, busi akan menyala dan memercikkan bunga api yang membakar campuran bahan bakar dan udara yang sudah panas.
Terjadilah ledakan tenaga yang membuat piston dari titik mati atas ke arah titik mati bawah. Karena gerakan piston yang ke arah bawah menyebabkan kruk as berputar dan menghasilkan tenaga.
Langkah Buang (exhaust)
Setelah terjadi pembakaran sudah pasti gas sisa pembakaran harus dibuang. Pada langkah ini piston kembali bergerak dari titik mati bawah di titik mati atas yang bersamaan terjadi pembukaan pada klep buang. Gas sisa pembakaran akan keluar dari klep buang dan diteruskan melalui knalpot.
Sesudah langkah buang, siklus kerja mesin 4-tak akan kembali diulang lagi ke langkah hisap. Katup buang akan menutup dan katup hirup akan kembali terbuka saat piston turun ke titik mati bawah dan sebagainya.
Pada 1x siklus mesin 4-tak terjadi putaran kruk as sekitar 2x. Putaran itu dibuat dari langkah hisap 180 derajat atau 1/2 putaran, selanjutnya cara kompresi 1/2 putaran, di saat langkah kerja 1/2 putaran dan cara buang 1/2 putaran.
2x putaran kruk as itu yang menghasilkan tenaga atau cara kerja dari mesin 4-tak.
Editor : Supriyono
Artikel Terkait